Prediksi Piala Dunia 2014

  •   Demam sepakbola akan semakin panas menjelang Piala Dunia 2014. Ternyata para pecinta bola memiliki banyak sekali metode dan cara dalam membuat prediksi Piala Dunia 2014. Ada pecinta bola yang membuat prediksi lewat hitung-hitungan angka. Ada juga yang membuat prediksi lewat statistik permainan negara perserta, bahkan ada juga yang mencari jalan aneh misalnya dengan mengundi […]

Prediksi Piala Dunia 2014

 

Demam sepakbola akan semakin panas menjelang Piala Dunia 2014. Ternyata para pecinta bola memiliki banyak sekali metode dan cara dalam membuat prediksi Piala Dunia 2014.

Ada pecinta bola yang membuat prediksi lewat hitung-hitungan angka. Ada juga yang membuat prediksi lewat statistik permainan negara perserta, bahkan ada juga yang mencari jalan aneh misalnya dengan mengundi lewat kocokan layaknya arisan.

Agar ada gambaran siapa sajakah yang layak menjadi pemenang Piala Dunia di Brazil, kita akan membahas beberapa tim yang layak diunggulkan secara sejarah, kualitas permainan, formasi pemain, persiapan tim dan lainnya. Berikut ini prediksi juara piala dunia 2014:

1. Brasil

Brasil

Brazil patut menjadi tim unggulan pertama pada prediksi Piala Dunia 2014. Faktor tuan rumah akan menjadi modal besar bagi Brazil untuk merengkuh tropi paling bergensi di dunia sepakbola. Jutaan penduduk Brazil dipastikan akan mendukung tim nasional Brazil secara penuh. Loyalitas dan perjuangan para suporter tim nasional Brazil sudah tidak diragunakan lagi.

Dari pergelaran Piala Dunia terdahulu, suara tabuhan gendang dan alat musik tradisonal dari suporter Brazil selalu terdengar di setiap permainan tim negeri samba. Suara merdu musik dari suporter itu mengiringi permainan tim samba yang dikenal sangat indah ditonton.

Startegi permainan tim nasional Brazil adalah menyerang, menguasai posisi bola, umpan pendek, irama tempo permainan lambat dan kreatifitas pemain selalu bisa kita lihat. Besarnya dukungan suporter dan strategi permainan apik membuat tim nasional samba layak menjadi kandidat terbaik pada prediksi Piala Dunia 2014.

Selain itu, para punggawa tim nasional Brazil adalah pemain-pemain yang berkelas kontinental bahkan banyak yang sudah mendunia yang menjadikannya unggulan pertama prediksi Piala Dunia yang dibuat pecinta bola dan kritikus bola. Kita tentu sudah tahu bagaimana era keemasan Pele, Garrinca dan Zico di tahun 60-70-an.

Kita juga masih ingat dalam sejarah tentang perkasanya tim nasional Brazil pada Piala Dunia 1994 di Amerika, punggawa kelas dunia yang terkenal saat itu quartet Romario, Bebeto, Taffarel dan Jorginho. Mereka membawa tim samba menuju tahta teratas setelah mengalahkan Italia lewat drama adu pinalti di babak final.

Dan bagi kita penggila bola era modern tentu masih ingat nama Ronaldo, Ronaldinho dan Rivaldo atau yang dikenal dengan sebutan “Trio R”. Trio R telah membuktikan ketajamannya pada Piala Dunia 2002 di jepang dan korea.

Tim samba membukukan 11 gol dan hanya kemasukan 3 gol. Itulah sejarah yang melekat pada Brazil yang telah mengantongi 5 tropi Piala Dunia yang dihiasi pemain-pemain yang kemudian menjadi pemain terbaik dunia. Tidak salah bila timnas samba akan menjadi pemenang pada prediksi Piala Dunia 2014 dengan melihat faktor sejarah selama ini.

Sekarang, mungkin bisa dikatakan bahwa Brazil kehilangan super bintang layaknya Pele, Zico, Romario dan Ronaldo ketika menjadi pemenang Piala Dunia 1958 di Sweden, 1962 di Chile, 1970 di Mexico, 1994 di USA dan 2002 di Jepang – Korea. Beberapa tahun terakhir pemain-pemain dari Brazil tidak ada yang menjadi pemain terbaik dunia semenjak Ronaldo terakhir kali meraihnya.

Namun bagi fans tim samba tidak perlu khawatir karena banyak pemain kelas dunia yang masih menghuni tim nasional Brazil seperti Kaka, Ronaldinho, Pato, Julio Cesar, Daniel Alves, Tiago Silva, Marcelo dan Neymar serta banyak lagi pemain muda yang layak diperhitungkan akan bersinar di Piala Dunia 2014. Dengan materi pemain yang seperti itu maka prediksi Piala Dunia 2014 tidak bisa jauh dari kemenangan Brazil di laga fase grup sampai partai final.

2. Spanyol

Spanyol

Prediksi Piala Dunia 2014 akan dimenangkan oleh tim nasional Spanyol merupakan prediksi yang tidak berdasarkan agurmen. Kenyataannya tim matador adalah tim nasional terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Era keemasan Spanyol dimulai pada perhelatan Piala Eropa 2008.

Tim nasional Spanyol waktu itu menerapkan stategi baru dalam permainan mereka. Takti baru tersebut adalah taktik passing pendek/tik-tak dengan memberikan kebebasan pemain tengah dan depan untuk berpindah ke posisi lain selama pertandingan berlangsung.

Perubahan strategi tersebut membuahkan hasil yang maksimal pada Piala Euro 2008. Di final tim matador mengalahkan tim muda Jerman dengan skor 1-0, gol semata wayang dicetak oleh penyerang F. Torres.

Era keemasan tim matador masih tersebut terus berlanjut setelah membawa pulang tropi Piala Eropa 2008. Timnas Spanyol terus menjadi tim tak terkalahkan semenjak 2006, namun akhirnya mereka ditaklukkan oleh Amerika pada tahun 2009.

Kita ingat betul ketika Iker Cassilas, dkk. merengkuh Piala Dunia 2010 di Afika Selatan dengan menjadi tim menakutkan bagi setiap lawannya. Mereka ketika itu mengalahkan tim nasional Belanda lewat pertandingan dengan perpanjangan waktu. Gol yang dicetak oleh Andres Inesta-lah yang membuat mereka menang pada babak final.

Iker Cassilas meraih Golden Glove karena hanya kebobolan 2 gol dari babak penyisihan grup sampai partai final. Dan David Villa meraih Bronze Ball dan Silver Boot karena mencetak 5 gol dan 1 assist. Itulah Spanyol yang menjadi tim terbaik beberapa tahun terakhir sehingga prediksi Piala Dunia 2014 dengan menempatkan Spanyol pada unggulan kedua adalah hal yang sesuai fakta.

Para pemain kelas dunia masih akan memperkuat tim matador pada Piala Dunia 2014 seperti Iker Cassilas, Andreas Iniesta, Fabregas, S. Ramos, D. Silva, X. Alonso, dan Davil Silva serta para pemain muda seperti S. Busquets dan Gerrald Pique. Dengan materi tim ini maka Spanyol kemungkinan besar meraih tropi kedua kali adalah prediksi Piala Dunia yang kuat.

3. Italia

Italia

Tim nasional Italia adalah tim nasional tersukses di benua Eropa. Mereka merengkuh tropi Piala Dunia sebanyak 4 kali pada 1934, 1938, 1982 dan terakhir 2006. Tim negeri Spagetti ini juga memenangkan piala eropa pada tahun 1968. Piala sepakbolaa Olimpic direngkuh pada 1936. Dengan sejarah yang kental dengan kemenangan maka tim nasional Italia ditempatkan pada posisi ketiga pada prediksi Piala Dunia 2014 adalah hal yang tepat.

Kesuksesan tim negeri menara Pisa ini tidak pernah lepas dari strategi permainan bertahan cattenacio. Pemain belakang Italia banyak yang menjadi pemain legenda seperti P. Maldini, F. Baresi, G. Buffon, F. Cannovaro, M. Tardelli, dan D. Zoff.

Sekarang pun pemain bertahan yang menghuni tim nasional Italia juga sangat tangguh nama-nama besar ada disana seperti G. Buffon, G. Chiellini, A. Bazagli dan I. Abate. Pemain-pemain muda Italia seperti M. Bolatelli dan F. Borini diprediksi akan bersinar beberapa tahun lagi. Dengan strategi yang mantap dan didukung dengan kualitas pemain handal maka prediksi Piala Dunia 2014 kemungkinan besar akan dimenangkan oleh tim nasional Italia.