Respect Abisss! Kalah Dari Pantai Gading, Ini Yang Dilakukan Fans Jepang!

19

  Apabila fans sepak bola usai menonton tim kesayangan mereka berlaga, umumnya mereka akan merayakan dengan minum bir dan pesta pora. Kalau timnya kalah, biasanya mereka marah marah atau langsung cabut pulang atau balik ke hotel masing masing. Namun hal yang berbeda dilakukan oleh para fans Jepang, mereka melakukan sesuatu yang tak pernah dilakukan oleh […]

Piala Dunia  - Respect Abisss! Kalah Dari Pantai Gading, Ini Yang Dilakukan Fans Jepang!

 

Apabila fans sepak bola usai menonton tim kesayangan mereka berlaga, umumnya mereka akan merayakan dengan minum bir dan pesta pora. Kalau timnya kalah, biasanya mereka marah marah atau langsung cabut pulang atau balik ke hotel masing masing. Namun hal yang berbeda dilakukan oleh para fans Jepang, mereka melakukan sesuatu yang tak pernah dilakukan oleh fans sepak bola di manapun di seluruh dunia! Apa yang mereka lakukan?

Yup, meski tim Jepang kalah, fans Jepang tak langsung pulang usai laga. Mereka beramai-ramai membersihkan stadion tempat mereka duduk selama pertandingan! Ini merupakan pemandangan langka dan harus kita hormati kedisiplinan mereka!

Hebatnya nih, niat untuk membersihkan lapangan sudah ada dalam pikiran mereka sebelum laga Jepang kontra Pantai Gading dimulai. Jadi, sebelum duduk, mereka berama-ramai mengambil kantong plastik, ini untuk persiapan bersih bersih usai pertandingan.

Piala Dunia  - Respect Abisss! Kalah Dari Pantai Gading, Ini Yang Dilakukan Fans Jepang!

Bukan hanya penontonnya saja yang mebuat kagum, usai laga, para pemain Jepang berbaris semua menghadap para pendukung mereka, dan lalu … mereka menunduk memberi penghormatan dan terima kasih kepada para fans mereka! TOP!

Sikap fans Jepang dan para pemainnya ini membuat para penonton lainnya ternganga takjub dan kagum dengan kebiasaan mereka. Bahkan presenter Brasil mengatakan: “Orang Jepang memberi kita contoh arti dari SPORTMANSHIP yang sebenarnya!”. Ada yang juga mengatakan “Orang Jepang membuat pertandingan yang indah menjadi lebih indah lagi!”

Meski stadion itu bukan milik mereka, namun budaya merawat dan disiplin ternyata sudah menjadi budaya mereka. Tak heran negaranya majuh yah Gibolers! RESPECT ABISSS!!!