Rusia Jamin Keselamatan di Piala Dunia 2018

460

Menteri Olahraga Rusia Vladimir Leonov menjamin keamanan semua para peserta dan suporter ketika Piala Dunia 2018 dilangsungkan di negaranya.

Piala Dunia  - Rusia Jamin Keselamatan di Piala Dunia 2018

Berita Bola – Vladimir Leonov yakin jalannya turnamen Piala Dunia 2018 tidak akan terganggu oleh masalah kekerasan para suporter, khususnya di daerah Tatarstan.

Tanda tanya dan kekhawatiran terjadinya masalah keamanan muncul setelah turnamen Euro 2016 dihelat di Prancis tahun lalu.

Kala itu para suporter Rusia melakukan penyerangan terhadap fans Inggris di kota Marseille dan di sejumlah kota lainnya.

Akan tetapi di Piala Konfederasi yang saat ini sedang dilangsungkan sebagai pemanasan menjelang Piala Dunia tahun depan, segalanya bisa berjalan tanpa adanya gangguan.

Oleh karenanya Menteri Olahraga Vladimir Leonov yang juga bertanggung jawab untuk daerah Tatarstan mengaku optimis turnamen tertinggi di dunia sepak bola itu bisa berjalan mulus.

Seperti diketahui, daerah Tatarstan merupakan daerah yang kerap bergejolak di Rusia dengan banyaknya aksi-aksi terorisme yang berkaitan dengan ISIS.

Tapi bagi Leonov, kebijakan yang efektif serta penerapan tanda pengenal suporter FIFA mampu meredam kemungkinan adanya kericuhan.

“Secara logistik kami merupakan kota yang nyaman bagi turis, untuk para suporter. Jadi kami terbuka bagi siapapun yang ingin menyaksikan Piala Konfederasi atau Piala Dunia,” ujar Leonov di Kazan Arena seperti dikutip dari Omnisport.

“Sedangkan untuk pembatalan atau boikot, sangat sulit untuk berkomentar soal ini. Kami fokus kepada organisasi dan kami telah melakukan banyak hal untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia. Jadi saya rasa tidak akan ada perubahan apapun sebab kami sudah siap.”

“Tidak ada pelarangan [bagi fans dari negara tertentu] menjelang kompetisi ini. Seperti yang Anda ketahui, sistem baru dan kartu tanda pengenal suporter telah diterapkan, sebagai bagian dari turnamen, jadi kami bisa menyaring orang-orang yang mempunyai latar belakang negatif.”

“Sepanjang sepengetahuan saya, hanya ada satu insiden dari ribuan suporter sepak bola. Kami bisa mengidentifikasi siapapun dalam kondisi kritis. Kami bisa mengetahui lokasi tempat duduknya dan lain-lainnya. Jadi segalanya telah dipersiapkan untuk keamanan penuh.”

Ancaman perkelahian antara para suporter Rusia dan Inggris di Euro tahun lalu sudah tercium sejak awal tahun 2016, namun tidak ada tindakan preventif sehingga insiden perkelahian di Marseille meletus.

Piala Dunia 2018 di Rusia membuat para fans Inggris ragu untuk datang ke negara Tirai Besi ini, namun Vladimir Leonov memandangnya dengan pemikiran positif.

“Kita tunggu kedatangan fans asal Inggris tahun depan dan kami akan bicarakan soal itu. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi di tahun depan. Saya tidak mempunyai kemampuan meramal.”