Rusia vs Korea Selatan, Kebangkitan Sbornaya di Ajang Piala Dunia

Sudah lama kita tak menyaksikan tim nasional Rusia berlaga di pentas Piala Dunia. Sbornaya … itulah julukan tim Rusia! Raksasa Eropa ini kini telah bangkit dari tidurnya yang panjang dan siap melibas siapa saja yang ada di depannya, tak terkecuali Korea Selatan yang bakal mereka hadapi di penyisihan Grup H Piala Dunia 2014 nanti. Pertandingan penyisihan […]

Piala Dunia  - Rusia vs Korea Selatan, Kebangkitan Sbornaya di Ajang Piala Dunia

Sudah lama kita tak menyaksikan tim nasional Rusia berlaga di pentas Piala Dunia. Sbornaya … itulah julukan tim Rusia! Raksasa Eropa ini kini telah bangkit dari tidurnya yang panjang dan siap melibas siapa saja yang ada di depannya, tak terkecuali Korea Selatan yang bakal mereka hadapi di penyisihan Grup H Piala Dunia 2014 nanti.

Pertandingan penyisihan Grup H antara Rusia vs Korea Selatan  ini akan digelar di Arena Pantanal, Cuiabá, Mato Grosso. Tak ada kata menyerah bagi keduanya, mereka harus menang! Ini karena mereka juga bersaing dengan Belgia dan Aljazair untuk lolos ke babak knockout.

Rusia sudah menghilang cukup lama dari Piala Dunia, raksasa tidur Eropa ini terkahir kali tampil ‘sebentar saja’ di Piala Dunia pada tahun 2002 dan itupun langsung gugur di babak penyisihan grup. Itu 12 tahun lalu, kini dibawah komand Fabio Capello, Rusi benar benar menjadi salah satu kekuatan mematikan di Piala Dunia 2014.

Capello, pelatih Italia ini berhasil mengantarkan Rusia lolos ke Piala Dunia 2014, bahkan Rusi lolos dengan predikat juara grup meskipun ada Portugal di babak kualifikasi zona Eropa. Dibawah asuhan Capello, Sbornaya bahkan selalu meunai hasil positif, merka terakhir kali kalah pada Agustus 2013 lalu. 10 pertandingan terakhir Rusia benar benar tak terkalahkan.

Melawan Korea Selatan, Rusia punya pengalaman sendiri. Mereka pernah mengalahkan  Korea Selatan pada November 2013 lalu dengan skor 2-1. Fyodor Smolov dan Dmitri Tarasov membalikkan keunggulan Korea.

Itu Rusia. Sedangkan Korea Selatan justru sedang mengalami masalah besar dengan skuad mereka saat ini. Laga ujicoba  menjelang Piala Dunia tidak berakhir baik bagi Korea Selatan. Dihajar Meksiko dan Ghana dengan empat gol tanpa balas. Bahkan, lima laga terakhir, Korea cuma menang sekali. Jung Sung-Ryong sang kiper total 11 kali memungut bola dari dalam gawang yang dijaganya.

Korea mungkin memang  tampil kurang baik sebelum tiba di Brasil. Namun mereka kini sudah ada di pentas akbar ini, dan yang berlalu biarkan berlalu, prestasi menembus dua babak 16 besar dalam tiga Piala Dunia terakhir membuktikan bahwa Korea Selatan bukanlah tim kemarin sore!

Perkiraan Line Up

Rusia (4-5-1) : Igor Akinfeev; A. Berezutski, V. Berezutski, A. Anyukov, G. Schennikov; V. Bystrov, A. Samedov,  I. Denisov, V. Faizulin,A. Dzagoev; A. Dzyuba.

Korea Selatan (4-4-2) : Jung Sung-Ryong ; Jeong-Ho Hong, Kim Chang-Soo , Kwak Tae-Hwi , Park Joo-Ho ; Ha  Dae-Sung,  Ki Sung-Yong,  Koo Ja-Cheol, Park Jong-Woo; Song Heung-Min, Park Chu-Young .