Skorsing Lionel Messi Ternyata Langgar Aturan

Timnas Argentina boleh lega. Ada sedikit celah yang bisa membatalkan skorsing empat laga Lionel Messi. Itu jika analisa mantan wasit ini benar adanya.

Lionel Messi - Argentina vs Chile
Lionel Messi - Argentina vs Chile

Gilabola.com – Timnas Argentina boleh lega. Ada sedikit celah yang bisa membatalkan skorsing empat laga Lionel Messi. Itu jika analisa mantan wasit ini benar adanya.

Mantan wasit Liga Inggris, Graham Poll, percaya hukuman empat pertandingan internasional yang diterima Lionel Messi mungkin melawan aturan dunia sepak bola.

Bintang Barcelona Messi dikenakan sanksi oleh CONMEBOL dan FIFA untuk kata-kata kasar yang keluar dari mulutnya terhadap asisten wasit Dewson Silva, saat Argentina menang 1-0 atas Chile pekan lalu.

Akibat sanksi itu, Messi tidak ikut serta dalam laga kekalahan Selasa malam di tangan Bolivia dan akan absen selama tiga pertandingan berikutnya untuk La Albiceleste.

Barcelona, yang sebenarnya tidak berkepentingan dengan skorsing internasional Messi, merilis sebuah pernyataan pada hari Rabu pagi. Mereka mengecam skorsing tersebut sebagai ‘tidak adil dan benar-benar tidak proporsional’. Graham Poll bahkan percaya hal itu mungkin bertentangan dengan aturan permainan.

Dalam kolomnya di Daily Mail, Poll menulis: “Komite disiplin FIFA menonton bukti video dan memutuskan untuk memberlakukan larangan, yang saya percaya adalah berlawanan dengan aturan permainan ini.”

“Insiden itu terjadi di hadapan asisten yang terkena makian dan karena itu keputusan ofisial pertandinganlah yang harus ditegakkan.”

“[Hanya dalam kasus] Jika seorang pemain menyerang lawan di luar pandangan semua ofisial aktif maka larangan retrospektif (kemudian) harus dikenakan. Sanksi ini tampaknya bertentangan dengan itu.”

Dengan kata lain, mantan wasit Graham Poll merujuk pada keputusan untuk menjatuhkan hukuman ini berdasarkan rekaman video dan bersifat retrospektif tidak cocok dengan insiden tersebut. Jika asisten wasit yang bersangkutan merasa ia menerima makian maka keputusannya harus saat itu juga dan berupa pengusiran.

 

Sepakbola.cc