Tiki taka Ala Spanyol

7

  Spanyol mempunyai gaya permainan indah. Tiki taka adalah istilah untuk permainan umpan pendek mengalir tiada henti sepanjang pertandingan milik tim Matador tersebut. Kehebatan permainan tiki taka mendapatkan stempel kesahihan setelah Spanyol menjadi juara Piala Dunia 2010. Cara Spanyol bermain mirip dengan gaya Barcelona, yang sebelumnya sukses memboyong gelar Liga Champion Eropa. Kehadiran gaya sepakbola Spanyol ini mengobati kerinduan […]

Tiki taka Ala Spanyol

 

Spanyol mempunyai gaya permainan indah. Tiki taka adalah istilah untuk permainan umpan pendek mengalir tiada henti sepanjang pertandingan milik tim Matador tersebut. Kehebatan permainan tiki taka mendapatkan stempel kesahihan setelah Spanyol menjadi juara Piala Dunia 2010.

Cara Spanyol bermain mirip dengan gaya Barcelona, yang sebelumnya sukses memboyong gelar Liga Champion Eropa. Kehadiran gaya sepakbola Spanyol ini mengobati kerinduan pecandu sepakbola dunia, yang terancam oleh gaya sepakbola pragmatis. Sebuah gaya sepakbola yang penting menang, tak peduli proses. Gaya ini mulai melesat ketika Jose Maurinho menjadikan Chelsea sebagai jawara baru Inggris dan menjinakkan sepakbola enak dilihat milik Manchester United.

Gaya tersebut berlanjut di Inter Milan yang sukses menjadi juara Liga Champion Eropa di bawah asuhan Mourinho. Ternyata, gaya pragmatis tersebut diadopsi sebagian besar tim nasional peserta Piala Dunia 2010. Yang paling terlihat adalah Brasil dan Belanda. Mereka mengurangi tarian Samba dan Total Football demi meraih kemenangan.

Sejarah Baru

Sejarah dimulai ketika pada 2008 lalu, Spanyol menyuguhkan permainan menarik di ajang Piala Eropa. Tim-tim mapan seperti Italia yang terkenal dengan pola Catenacio-nya, tim Jerman yang bermesin diesel, atau Inggris yang populer lewat gaya kick and rush, takluk kepada tim Matador. Titel juara Eropa pun mereka rengkuh lewat kemenangan-kemenangan meyakinkan dengan gaya tiki taka. Pada Piala Dunia 2010, tuah tiki taka makin menjadi dan mencetak sejarah menggenggam Piala Dunia untuk pertama kalinya buat Spanyol.