Timnas Italia Tegang Menanti Leg II Kontra Swedia

Timnas Italia kini sedang ‘tegang-tegangnya’ menanti leg kedua babak playoff kontra Swedia. Gli Azzurri harus bisa lolos dan melaju ke Rusia tahun depan.

Timnas Italia Tegang Menanti Leg II vs Swedia
Timnas Italia Tegang Menanti Leg II vs Swedia

Timnas Italia kembali akan bertemu Swedia di leg ke dua babak playoff Piala Dunia 2018 yang akan digelar di San Siro, Selasa (14/11) dinihari WIB.

Diungkapkan kiper nomor wahid Italia, Gianluigi Buffon, saat ini Timnas Italia tengah dalam ‘tensi tinggi’ hadapi pertandingan leg kedua itu. Apalagi, bagi Buffon, Piala Dunia 2018 akan menjadi kompetisi internasionalnya yang terakhir.

Azzurri yang kalah 0-1 di leg pertama, terancam gagal mencapai putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1958 jika mereka tidak menang di San Siro dinihari nanti.

“Pertandingan ini penting bagi kami dan sejarah kami. Saya tegang, tapi masih normal sih tegangnya,” ujar Buffon, seperti dilansir BBC Sports.

Kiper Juventus berusia 39 tahun yang berniat pensiun pada akhir musim tersebut, akan kantongi caps-nya yang ke-175 di laga melawan Timnas Swedia dinihari nanti.

Sejauh ini, Swedia masih memimpin babak playoff yang digelar dua leg ini, setelah mereka unggul 1-0 di leg pertama yang digelar di Friends Arena, Stockholm, akhir pekan lalu. Swedia unggul lewat gol tunggal Jakob Johansson.

Laga di leg pertama itu penuh dengan adu fisik antarpemain kedua tim. Akibatnya, bek Italia Leonardo Bonucci alami patah tulang hidung saat ia terlibat bentrok dengan Ola Toivonen.

Pelatih Timnas Italia Gian Piero Ventura, yang juga pelatih tertua dalam sejarah sepakbola Italia di usianya 69 tahun, mengatakan Italia akan berusaha lolos dengan ‘mainkan sepakbola’.

“Kami ini Italia dan, jika kami penuhi syarat, saya ingin bisa mengatakan bahwa kami akan menyelesaikannya dengan permainan sepakbola,” ujar Ventura yang gantikan Antonio Conte usai gelaran Euro 2016 itu.

“Saya tidak tahu seperti apa permainan itu, tapi saya harap ini akan dimainkan dengan semangat yang benar,” tandasnya.

Ventura sendiri dikabarkan terkejut dengan banyaknya diskusi mengenai taktik yang diterapkannya saat ini di Timnas Italia. Dia harus mengganti Marco Verratti yang jalanis suspensi dalam pertandingan dinihari nanti.

Di leg pertama, Lorenzo Insigne – pemain sayap Napoli yang konon didukung fans Italia, akan dibawa Ventura untuk gantikan Verratti di lini tengah.

“Saya telah menerima begitu banyak nasihat dalam beberapa hari terakhir, bahwa – jika saya mencoba dengarkan semuanya, itu akan memakan waktu berbulan-bulan,” ujar mantan bos Torino itu.

“Saya tahu, begitulah cara kerjanya saat Anda menjadi pelatih timnas, meski saya tidak menyangka hal itu akan seperti ini,” tambahnya.

Sepakbola.cc