UEFA Dukung Keputusan FIFA Soal Piala Dunia

75

Berita Bola, Piala Dunia – UEFA telah mendukung keputusan FIFA untuk memperluas jumlah peserta Piala Dunia 32 menjadi 48 tim pada tahun 2026.

Piala Dunia  - UEFA Dukung Keputusan FIFA Soal Piala Dunia

Berita Bola, Piala Dunia – UEFA telah mendukung keputusan FIFA untuk memperluas jumlah peserta Piala Dunia 32 menjadi 48 tim pada tahun 2026.

Setelah pertemuan Dewan FIFA pada hari Selasa (10/01) di Zurich, UEFA mengeluarkan pernyataan untuk mengkonfirmasi hal yang “memutuskan untuk bergabung dalam mendukung format baru kompetisi” seperti itu adalah “jelas bahwa konfederasi lainnya sangat menginginkan memperluas jumlah peserta Piala Dunia FIFA menjadi 48 tim “.

Dukungan yang memenuhi syarat ini datang setelah Asosiasi Klub Eropa (ECA) menegaskan kembali sikapnya menentang ekspansi Piala Dunia, meskipun UEFA menyatakan puas dengan format baru dalam hal beban itu tidak akan menjadi beban pada pemain.

Rencana FIFA adalah dengan menggunakan 16 grup yang diisi tiga tim, dengan total 80 pertandingan di seluruh kompetisi selama 32 hari. Namun alokasi slot untuk setiap federasi kontinental belum diputuskan.

“UEFA puas karena berhasil menunda keputusan akhir mengenai alokasi slot setiap konfederasi dalam format Piala Dunia FIFA di masa depan,” tambah pernyataan itu.

“Kami juga ingin menyatakan bahwa kami senang bahwa panjangnya durasi baru dan format turnamen yang tidak menambah beban pada pemain.

“Kami juga akan memastikan bahwa kepentingan klub-klub terkait akan terus dilindungi.”

Sebelumnya pada hari Selasa, Presiden FIFA Gianni Infantino menyambut realitas ekspansi Piala Dunia, sementara referensi kritik ECA dalam konteks pengembangan sepak bola di luar cara dan penerapan tradisional.

“Ada dialog terbuka dengan ECA selama bertahun-tahun,” katanya. “Saya tahu mereka sangat baik secara pribadi. Ada beberapa suara-suara kritis dari beberapa klub tapi saya lebih memilih untuk fokus pada yang positif.

“Ada banyak yang mendukung keputusan ini. Kami tentu saja sudah membahas topik ini beberapa kali dengan klub. Titik utama adalah selalu tidak menambah kalender dan beban pemain.

“Kami berada di abad ke-21 dan kita harus membentuk Piala Dunia untuk abad ke-21. Kami harus melihat sepak bola sebagai lebih dari sekedar Eropa dan Amerika Selatan.

“Demam sepak bola di negara yang memenuhi syarat adalah alat promosi terbesar untuk sepak bola yang bisa dimiliki semua orang. Dari bulan November ketika Anda memenuhi syarat untuk turnamen di bulan Juni, maka hal itu bisa terjadi dalam periode sembilan bulan yang penting.”