Urbano Cairo: Gian Piero Ventura Tak Cocok Jadi Pelatih Timnas Italia

Urbano Cairo menilai Gian Piero Ventura tak cocok jadi pelatih Timnas Italia untuk menuju gelaran Piala Dunia.

Gian Piero Ventura

Urbano Cairo mengatakan jika dirinya bagai tak mengenali sosok Gian Piero Ventura saat pegang timnas Italia. Urbano ikut heran melihat Ventura tak langsung mengundurkan diri usai gagal membawa Azzurri ke Piala Dunia 2018 mendatang.

Timnas Italia memang akhirnya harus gagal total menembus putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia tahun depan. Kegagalan itu terjadi setelah hanya bisa bermain imbang tanpa gol sebiji pun saat mereka melawan Timnas Swedia.

Bisa bermain di kandangnya sendiri, San Siro, Selasa (14/11/2017) dini hari untuk jalani leg kedua play-off Piala Dunia, Azzurri dituntut menang setidaknya 2-0 untuk bisa lolos karena di leg pertama mereka kalah 0-1.

Kegagalan menyakitkan fans untuk menembus putaran final Piala Dunia kali ini otomatis menjadi yang pertama bagi Italia sejak tahun 1958 silam. Banjir kecaman langsung menyasar sang pelatih.

“Saya juga tidak tahu kenapa dia belum juga mengundurkan diri ya, karena sejujurnya, saya tidak melihat Ventura yang saya kenal selama ini. Dia terlihat lebih seperti seorang tamu daripada seorang pelatih di sana,” ujar sang presiden Torino.

“Sekali lagi saat melawan Timnas Swedia, hanya ada umpan-umpan silang saja ke kotak penalti melawan pemain yang tingginya lebih dari 6 kaki, rasanya kok bisa berulang kali membentur dinding gituloh. Kami sudah melakukan kebalikan dari apa yang seharusnya kami lakukan di laga itu,” sambungnya lagi dengan heran.

“Sepertinya Ventura memang lebih cocok untuk melatih klub sepakbola saja daripada pelatih timnas Italia. Sebagai seorang pelatih tim nasional, dia sama sekali tidak punya pemain yang sudah lama dia punya,” pungkasnya.

Sepakbola.cc