Piala Eropa 2012: Denmark akan kacaukan Grup B

12

Grup B disebut-sebut sebagai grup neraka pada ajang Piala Eropa 2012 di Polandia-Ukraina, Juni-Juli 2012 ini. Di grup ini bercokol dua negara kuat Eropa, Jerman dan Belanda, ditambah Portugal dengan megabintangnya Cristiano Ronaldo, plus “Si Underdog” Denmark. Dari keempat tim ini, hanya Denmark yang diramalkan oleh hampir semua pengamat bakal tersingkir di babak penyisihan grup. […]

Grup B disebut-sebut sebagai grup neraka pada ajang Piala Eropa 2012 di Polandia-Ukraina, Juni-Juli 2012 ini. Di grup ini bercokol dua negara kuat Eropa, Jerman dan Belanda, ditambah Portugal dengan megabintangnya Cristiano Ronaldo, plus “Si Underdog” Denmark. Dari keempat tim ini, hanya Denmark yang diramalkan oleh hampir semua pengamat bakal tersingkir di babak penyisihan grup.

Diposisikan sebagai underdog justru menguntungkan bagi Denmark. Mereka akan bisa tampil lebih bebas tanpa adanya beban target. Malah kiper Denmark, Thomas Sorensen, yakin timnya akan mampu menjungkirbalikkan dan mengacaukan semua prediksi pengamat. Sorensen juga memastikan bahwa kedatangan “Tim Dinamit” tidak hanya sebagai penggembira di turnamen ini.

“Grup B adalah grup berat. Kami berada di antara tim-tim besar,” kata Sorensen. “Tapi kami akan berangkat ke Ukrania dan Polandia dengan satu tekad ingin menang. Kami akan membuat satu atau dua kekacauan dalam grup itu. Kami yakin bisa, apalagi kami meraih beberapa hasil bagus saat bertemu Portugal di babak kualifikasi. Itu yang membuat kami agak nyaman,” tambahnya.

Perlu diingat. Denmark pernah membuat kejuatan di ajang Piala Eropa. Datang sebagai tim yang tak lolos kualifikasi, mereka justru akhirnya tampil sebagai juara pada Piala Eropa 1992 di Swedia. Mereka menghempaskan tim kuat Jerman di final dengan skor 2-0. Mereka lolos ke final setelah menyingkirkan Belanda lewat adu penalti di semifinal.

Kehadiran Denmark di Piala Eropa 1992 itu adalah untuk menggantikan Yugoslavia yang tak bisa ikut karena negaranya sedang dilanda perang.

 

Sumber: bolaeropa.kompas.com/read/xml/2012/05/22/07204475/Sorensen.Denmark.Akan.Kacaukan.Grup.B