Piala Eropa 2012: Holiganisme dan rasis menjadi ancaman serius

  • Beberapa saudara pemain timnas Inggris dan suporter Three Lions memilih tak berangkat ke Euro 2012 di Polandia-Ukrania karena alasan keamanan. Mereka takut terjadi tindakan rasis oleh warga lokal. Ketakutan mereka bukan tanpa alasan. Kharkiv (Ukrania), salah satu kota penyelenggara Piala Eropa, memiliki beberapa kelompok holigan. Mereka pernah menghajar lima pelajar Asia karena bermotif rasis. Saking […]

Beberapa saudara pemain timnas Inggris dan suporter Three Lions memilih tak berangkat ke Euro 2012 di Polandia-Ukrania karena alasan keamanan. Mereka takut terjadi tindakan rasis oleh warga lokal.

Ketakutan mereka bukan tanpa alasan. Kharkiv (Ukrania), salah satu kota penyelenggara Piala Eropa, memiliki beberapa kelompok holigan. Mereka pernah menghajar lima pelajar Asia karena bermotif rasis.

Saking takutnya dengan holiganisme, bek Inggris Sol Campbell menyarankan kepada etnik minoritas untuk tetap di rumah dan nonton melalui televisi.

Untuk mencegah terjadinya tindak rasis, polisi Polandia dan Ukrania sudah menyiapkan aparatnya. “Polisi menjamin keselamatan pemain dan penonton Euro 2012 di Polandia,” kata Malgorzata Wozniak, juru bicara kepolisian Polandia. Mereka menyiapkan 8000 polisi yang akan berjaga di berbagai tempat strategis.

Ukrania juga menjamin keselamatan para pemain dan fans Euro 2012. “Fans dan keluarga silahkan berkunjung ke Ukrania. Kami jamin keselamatannya, terutama kaum minoritas,” kata anggota Amnesti Internasional Ukrania, Max Tucker.