Berita Bola - Prediksi Jerman vs Portugal, Loew Ubah Strategi -

 

Sebenarnya peruntungan Portugal tidak begitu bagus setiap kali menghadapi Jerman. Lihat saja, dalam tiga laga terakhir, Portugal selalu bertekuk lutut di hadapan Jerman.

Tim Panzer menang 3-1 dalam perebutan tempat ketiga di Piala Dunia 2006, menggilas Portugal 3-2 di Piala Euro 2008 dan terakhir menang lagi 1-0 di awal kompetisi Euro 2012.

Tapi manager tim Jocahim Loew tidak mau menganggap remeh Cristiano Ronaldo dkk. Menurut dia, Portugal adalah jagonya serangan balik.

“Mereka itu ranking (FIFA)-nya hanya sedikit di belakang kami, nomor 4 (Jerman nomor 2), dan bukan cuma Ronaldo doang isinya,” Loew bersabda. “Portugal adalah sebuah tim yang sangat-sangat berbahaya.”

Di sisi lain Portugal menghadapi tekanan yang luar biasa besar. Secara statistik Jerman hampir tidak pernah kalah dalam laga perdana mereka di turnamen Piala Dunia mana pun. Jerman memenangi 12 dari 17 laga pembukaan Piala Dunia. Hanya pernah kalah satu kali, 1-2 vs Aljazair di Piala Dunia 1982. Tapi kekalahan itu justru bagai pecut di punggungnya, memacu Jerman melaju masuk final tahun yang sama.

Dan seperti kita lihat kemarin di laga Swiss vs Ekuador, statistik tidak pernah bohong.

Joachim Loew sudah pernah membeberkan rencana rahasia timnya. Mereka mau menyerang dengan tempo cepat sejak pluit dibunyikan, mencoba merobek-robek fisik pemain Portugal di tengah panas dan kelembaban kota Salvador.

Laga penting ini akan dimainkan di bawah matahari tropik pada jam 1 siang waktu setempat. Bagus kalau kedua tim tidak meleleh kepanasan.

Guna menyesuaikan diri pada hawa panas yang sama, Jerman sengaja memilih homebase di dekat pantai dengan ciri cuaca, hawa, kelembaban yang kurang lebih sama. Tim Panzer juga sudah melakukan beberapa kali latih tanding tepat pada jam 1 siang.

Sekali lagi, jangan anggap remeh Portugal, kata Loew mengingatkan. Meski mereka kalah vs Jerman tapi beberapa kali mereka mampu mencapai babak semifinal. Portugal itu mirip kacang keras yang sukar dipecahkan.

Ronaldo diketahui menderita cedera lutut kiri sejak akhir musim lalu, namun agaknya akan diturunkan pada laga maha penting malam ini.

Tim bertahan Jerman sudah memutar video selama puluhan jam, mempelajari cara Ronaldo main petak umpet di belakang pemain lawan.

“Kita tidak bisa mengabaikan Ronaldo. Dia adalah pemain yang sudah mencetak 50 gol lebih semusim. Kami mempelajari cara berlari, polanya dalam berlari, caranya menyergap di belakang pemain bertahan lawan,” kata Loew.

Jerman juga memiliki masa rumah tangganya sendiri. Kapten Philipp Lahm tidak begitu fit setelah cedera pergelangan kaki, dan akan digeser dari peran tradisionalnya di bek dan sayap kanan menjadi bek penuh di tengah. Sami Khedira akan memainkan peran gelandang bertahan dan sudah absen 6 bulan karena cedera lutut.  Bastian Schweinsteiger juga kemungkinan akan diistirahatkan karena cedera yang sama.

Dan karena Marco Reus pulang kampung karena cedera parah, Lukas Podolski kemungkinan besar akan kembali dapat peran sebagai starter. Di kubu belakang Jerome Boateng akan beralih ke sayap kanan mengambi alih posisi Lahm. Boateng dikenal rajin menjaga Ronaldo dua tahun silamsaat Euro 2012.

Anehnya, penyerang Miroslav Klose –yang tengah menantikan kesempatan memecahkan rekor penyerang dengan gol terbanyak yang dipegang Ronaldo dari Brasil dengan 15 gol, kemungkinan akan dibangkucadangankan karena Loew menerapkan strategi baru. Penyerang ditarik agak ke belakang, bukan tukang tunggu bola di depan seperti peran striker tradisional selama ini.