Prediksi, Piala Dunia, Brasil vs Kroasia, 13 Juni 2014

  Kembali ke prediksi Piala Dunia 2014, laga antara Brasil vs Kroasia, (13/06/2014). Skuad asuhan pelatih Luiz Felipe Scolari akan berusaha mati-matian membahagiakan rakyat negeri Samba. Bagaimana tidak, tuan rumah akan malu bila dalam laga pertama harus kalah. Sebaliknya Kroasia, bermain tanpa beban. Brasil memang akan ditantang Kroasia dalam laga pembuka Piala Dunia 2014 yang […]

Prediksi, Piala Dunia, Brasil vs Kroasia, 13 Juni 2014

 

Kembali ke prediksi Piala Dunia 2014, laga antara Brasil vs Kroasia, (13/06/2014). Skuad asuhan pelatih Luiz Felipe Scolari akan berusaha mati-matian membahagiakan rakyat negeri Samba. Bagaimana tidak, tuan rumah akan malu bila dalam laga pertama harus kalah. Sebaliknya Kroasia, bermain tanpa beban.

Brasil memang akan ditantang Kroasia dalam laga pembuka Piala Dunia 2014 yang digelar di Stadion Arena Coirinthinas, Sao Paulo, pada Kamis, atau Jumat dini hari, pukul 03.00 WIB. Bila tidak ada halangan, laga ini akan ditayangkan oleh ANTV dan tvOne.

Brasil tahu benar bahwa setiap laga harus diperjuangkan, tak terkecuali ketika menghadapi Kroasia. Selain itu, Selecao seakan memegang teguh skenario dengan menanti gemuruh dukungan penonton yang diharapkan memadari Arena Corinthians. Kondisi Neymar siap tempur bersama rekan-rekannya yang lain.

Skenario tuan rumah dapat berantakan lantaran pasukan asuhan pelatih Niko Kovac bukan tim yang mudah ditundukkan karena mereka mengutarakan secara gamblang bahwa “kami punya mental seperti tim-tim asal Jerman”.

Meski tanpa beban, perjalanan roda Krosia sampai ke Piala Dunia 2014 tidaklah mudah. Mereka hampir saja tersingkir oleh Islandia, namun akhirnya bisa tetap melaju.

Kroasia yang berjuluk “Vatreni” mengandalkan sejumlah pemain pilar seperti Luka Modric, Ivan Rakitic, atau Ivan Perisic. Selain itu, masih ada Nikica Jelavic yang akan menjadi komandan dalam skema serangan ke lini pertahanan Brasil. Striker Hull City ini mencetak gol semata wayang ketika melawan Socceroos.

Namun, Kroasia tidak akan diperkuat oleh Mario Mandzukic yang terkena larangan bertanding karena diusir oleh wasit ketika melakoni laga babak kualifikasi melawan Islandia pada November lalu. Posisi pemain Bayern Muenchen itu akan digantikan Jelavic.

 

Komentar dua pelatih:

Luiz Felipe Scolari (Brasil):

“Kepada seluruh rakyat Brasil, ingin saya katakan bahwa saatnya telah tiba. Ini Piala Dunia milik kita. Kita harus melalui langkah demi langkah. Kalau seluruhnya ada tujuh langkah, maka kita harus berpikir mengenai langkah pertama.”

“Langkah pertama, pertandingan besok melawan Kroasia. Sesudahnya kami harus melakoni enam langkah berikutnya. Inilah jalan bila kita ingin keluar sebagai juara Piala Dunia. Kami berharap kami beroleh hal yang terbaik sesegera mungkin. Saya tentu saja agak khawatir (dengan kondisi Neymar).”

 

Niko Kovac (Kroasia):

“Jika kami menghadapi Brasil, maka hemat saya, itu yang terbaik bagi kami, apalagi dalam laga pembuka. Kami telah menyiapkan segala sesuatunya, salah satunya dengan memanfaatkan hasil riset. Ini perlu agar saya tahu mengenai kondisi kebugaran dari para pemain setelah mereka menjalani musim kompetisi yang relatif panjang di berbagai liga.”

“Pertandingan ini merupakan hal yang sangat menantang bagi kami. Brasil memang skuad yang difavoritkan. Saya berharap mereka memenangi turnamen ini, karena mereka didukung begitu banyak suporter tuan rumah.”

“Brasil tampil sebagai tim yang kuat dibandingkan dengan kami. Kami harus memberi perlawanan. Kami harus mampu membendung agresivitas mereka. Kroasia tidak akan bertahan dengan melakukan parkir bis di depan lini pertahanan. Sekurang-kurangnya itu yang saya harapkan. Hanya saja, tidak segala hal senantiasa dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan.”

“Saya senantiasa berpikir dalam keragaman. Pemain seperti Modric begitu berperan dalam tim, hanya saja kebersamaan menjadi salah satu kunci sukses, tidak saja dalam sepak bola, melainkan dalam hidup.”

 

Data dan Fakta:

Brasil:

  1. Brasil tercatat pernah mengalahkan Kroasia dengan skor 1-0 dengan gol yang diciptakan Kaka pada 2006 di Berlin.
  2. Brasil mampu menang dalam sembilan laga terakhir, dengan menjaringkan 30 gol dan kemasukan dua gol.
  3. Tim Samba hanya menelan sekali kekalahan dalam 21 laga. Kekalahan itu ketika melawan Swiss pada Agustus tahun lalu. Rekor Brasil, 16 kali menang, emoat kali imbang dan sekali kalah.
  4. Tim Samba tidak terkalahkan dalam 37 pertandingan yang dihelat di Brasil sejak mereka dikalahkan Paraguay pada 2002.
  5. Brasil mencetak 67 kemenangan dan telah mengemas 210 gol selama ikut dalam ajang Piala Dunia.
  6. Hanya enam pemain dari 23 skuad Brasil yang telah punya pengalaman di ajang Piala Dunia.
  7. Neymar telah mencetak 22 gol dalam 28 penampilannya di laga internasional.

 

Kroasia:

  1. Kroasia tidak terkalahkan dalam lima laga sejak Niko Kovac bergabung dalam tim pada Oktober lalu. Rekor mereka tiga kali menang dan dua kali imbang.
  2. Kroasia menelan tiga kekalahan kali pertama dalam babak penyisihan selama babak penyisihan Piala Dunia.
  3. Dalam sembilan kali ikut serta Piala Dunia, skuad Krosia menerika enam kartu merah.

 

Perkiraan Susunan Pemain:

Brasil (4-2-3-1):

Cesar (penjaga gawang), Alves, Silva, Luiz, Marcelo, Paulinho, Gustavo, Hulk, Oscar, Neymar, Fred.

Pemain cadangan:

Jefferson. Dante, Maicon, Maxwell, Fernandinho, Willian, Bernard, Jo

 

Kroasia (4-2-3-1):

Pletikosa (penjaga gawang), Srna, Lovren, Corluka, Vrsjalko, Rakitic, Eduardo, Modric, Kovacic, Perisic, Jelavic

Pemain cadangan:

Subasic, vida, Schildenfeld, Vukojevic, Sammir, Brosovic

 

Data Enam Laga Terakhir:

Brasil:

6 Juni 2014   Brasil 1-0 Serbia

3 Juni 2014   Brasil 4-0 Panama

5 Maret 2014  Afrika Selatan 0-5 Brasil

20 Nov 2013   Brasil 2-1 Chile

17 Nov 2013   Brasil 5-0 Honduras

15 Oct 2013   Brasil 2-0 Zambia

 

Kroasia:

7 Juni 2014  Kroasia 1-0 Australia

31 May 2014  Kroasia 2-1 Mali

5 Mar 2014  Swiss 2-2 Kroasia

19 Nov 2013  Kroasia 2-0 Iceland

15 Nov 2013  Iceland 0-0 Kroasia

15 Oct 2013  Skotlandia 2-0 Kroasia

13 Jun 2006  Brazil 1-0 Kroasia

 

Prediksi hasil laga, kemenangan untuk Brasil dengan skor 3-1

Sepakbola.cc