Prediksi Piala Dunia, Meksiko vs Kamerun 13 Juni 2014

  Meksiko dan Kamerun sama-sama coba menanggalkan berbagai masalah masa lalu mereka ketika keduanya bertarung pada tengah hari waktu setempat di Natal, Brasil, atau 23.00 WIB. Untuk Meksiko, akhirnya mereka bisa lolos juga ke Brasil setelah berbagai cobaan di babak kualifikasi wilayah. Butuh 4 pelatih berbeda, sentuhan gol ajaib dari Raul Jimenez, uluran tangan dari musuh […]

MexCam

 

Meksiko dan Kamerun sama-sama coba menanggalkan berbagai masalah masa lalu mereka ketika keduanya bertarung pada tengah hari waktu setempat di Natal, Brasil, atau 23.00 WIB.

Untuk Meksiko, akhirnya mereka bisa lolos juga ke Brasil setelah berbagai cobaan di babak kualifikasi wilayah.

Butuh 4 pelatih berbeda, sentuhan gol ajaib dari Raul Jimenez, uluran tangan dari musuh bebuyutan Amerika Serikat, serta menang di laga playoff vs Selandia Baru sebelum Meksiko memastikan satu tempat di Piala Dunia 2014.

Padahal prestasi mengesankan di tingkat senior dan remaja sejak tahun 2010 telah memicu harapan bahwa generasi berbakat telah lahir dan akan memimpin negeri ini ke babak delapan besar Piala Dunia, setelah di lima turnamen terakhir selalu tersisih di babak kedua.

Pelatih Miguel Herrera hanya memiliki sedikit waktu untuk membangun kesatuan di antara pemain dan menyelesaikan susunan para pemain menjelang pertandingan pembukaan. Mantan pelatih Club America itu hanya memiliki sedikit waktu menyaksikan para pemain Meksiko yang merumput di liga-liga Eropa, sebelum mengintegrasikan mereka dengan para pemain yang  berbasis di liga lokal, LIGA MX, serta menyesuaikan keseluruhan tim dengan formasi 3-5-2 rancangannya.

Tim Meksiko kemungkinan besar akan berbasis pemain-pemain liga domestik. Striker Real Sociedad Carlos Vela bersama pemain Manchester United Javier Hernandez tampaknya akan duduk di bangku cadangan. Sementara pemain Cruz Azul, Jose Corona, lebih besar peluangnya menjadi kiper dibandingkan Guillermo Ochoa.

Salah satu starter kemungkinan besar adalah Rafa Marquez. Pemain 35 tahun itu akan menjadi kapten di tengah pertahanan 3 orang Meksiko. Penampilannya akan sangat penting bagi peluang-peluang Meksiko. Selain itu starter lainnya adalah bek Francisco ‘Maza’ Rodriguez, yang menjadi titik lemah tim saat tampil di Piala Konfederasi tahun 2013.

Mungkin kabar terbaik bagi Meksiko adalah bahwa perjalanan pertama Piala Dunia mereka akan dimulai melawan tim yang mengalami gejolak pra-turnamen lebih besar dari Meksiko.

Bagi Kamerun, cerita semacam ini berulang kali terjadi di masa lalu.  Tim nasional negara itu dilanda oleh berbagai masalah di dalam skuad dan dengan PSSI-nya Kamerun dalam beberapa tahun terakhir. Samuel Eto’o menjadi inti masalah ini dan telah keluar masuk tim internasional sebelum kembali tahun lalu untuk membantu Kamerun melewati babak final kualifikasi melawan Tunisia. Masalah muncul lagi pada pagi sebelum penerbangan tim Kamerun ke Brasil karena sengketa bonus yang harus dibayar oleh pihak Federai Sepakbola Kamerun.

Ketika masuk ke lapangan, Eto’o tetap jadi kunci permainan tim. Pemain usia 33 tahun itu mengalami musim yang sulit bersama Chelsea di Liga Premier, tetapi masih berhasil mengukir dua digit gol di semua kompetisi. Di lapangan tengah Kamerun tidak memiliki gelandang kreatif alami. Alex Song memiliki banyak tanggung jawab untuk melangkah keluar dari perannya yang lebih terbatas di Barcelona.

Benteng pertahanan dipimpin oleh pemain berbakat Nicolas N’Koulou yang memiliki semua kemampuan untuk menggagalkan Meksiko, terutama jika El Tri kurang kreatif seperti yang mereka perlihatkan saat mengalami kekalahan 1-0 vs Bosnia-Herzegovina. Bagaimanapun, ada banyak alasan untuk berpikir bahwa Meksiko lebih mungkin maju untuk menerobos pertahanan Kamerun dan mendapatkan kemenangan yang sangat penting untuk maju ke babak 16 Besar.

Prediksi: Meksiko 2-1 Kamerun

 

Sepakbola.cc