Reputasi Nomor 10 Brasil Pulih Kembali

6

  Ujian tuan rumah Brasil berikutnya dalam perburuan gelar juara dunia keenam mereka adalah saat melawan melawan Meksiko pada 17 Juni di Fortaleza. Angka 10 yang sempat bagaikan kehilangan daya magisnya di Timnas Brasil, kini pulih kembali. Ya, Selama ini pemilik nomor punggung 10 Brasil adalah pemain-pemain bintang yang dikenal memiliki kemampuan hebat dalam menjebol […]

Internasional Piala Dunia  - Reputasi Nomor 10 Brasil Pulih Kembali

 

Ujian tuan rumah Brasil berikutnya dalam perburuan gelar juara dunia keenam mereka adalah saat melawan melawan Meksiko pada 17 Juni di Fortaleza. Angka 10 yang sempat bagaikan kehilangan daya magisnya di Timnas Brasil, kini pulih kembali.

Ya, Selama ini pemilik nomor punggung 10 Brasil adalah pemain-pemain bintang yang dikenal memiliki kemampuan hebat dalam menjebol gawang lawan, terutama di Piala Dunia. Namun, dalam 12 tahun terakhir, reputasi tersebut bagaikan meredup.

Bintang Barcelona FC, Neymar, akhirnya memulihkan dengan brace dalam laga pembuka Piala Dunia 2014 melawan rival Grup A Kroasia di Arena Corinthians, Sao Paolo, Jumat (13/06/2014). Sempat tertinggal terlebih dahulu akibat own goal Marcelo pada menit 11, Brasil bangkit dan berbalik menang berkat kontribusi Neymar (29, 71-pen) serta Oscar (90+1).

Equaliser yang dilepaskan Neymar pun bermakna istimewa. Itu adalah kali pertama seorang pemain nomor 10 Brasil mencetak gol di putaran utama Piala Dunia sejak Rivaldo menggetarkan gawang Inggris di perempat final Korsel/Jepang 2002 (Brasil menang 2-1).

Dengan sumbangan dua golnya tersebut, Neymar pun kini memimpin daftar top scorer sementara Piala Dunia 2014. Dan mengenakan nomor punggung 10.