Ribut Naturalisasi, Bos FA Buka Suara

  Suasana akibat komentar soal naturalisasi semakin memanas bukan hanya saat gelandang Jack Wilshere, tanpa menyebut nama Januzaj, menolak wacana naturalisasi pemain yang dilakukan oleh Timnas. Pernyataan tersebut melebar dan memancing reaksi keras dari atlet kriket Inggris, Kevin Pietersen. Pria kelahiran Afrika Selatan tersebut secara tersirat merasa terdiskriminasi dengan pernyataan Wilshere. Ribut naturalisasi, bos FA […]

Internasional Liga Inggris  - Ribut Naturalisasi, Bos FA Buka Suara

 

Suasana akibat komentar soal naturalisasi semakin memanas bukan hanya saat gelandang Jack Wilshere, tanpa menyebut nama Januzaj, menolak wacana naturalisasi pemain yang dilakukan oleh Timnas. Pernyataan tersebut melebar dan memancing reaksi keras dari atlet kriket Inggris, Kevin Pietersen. Pria kelahiran Afrika Selatan tersebut secara tersirat merasa terdiskriminasi dengan pernyataan Wilshere. Ribut naturalisasi, bos FA buka suara.

Ya, Chairman Asosiasi Sepakbola Inggris sendiri, Greg Dyke.

“Tentu saja anda ingin pemain yang berkualitas, namun permasalahannya adalah apakah anda memiliki dasar atas keputusan tersebut,” buka Dyke.

“Kami harus melihat kembali pada peraturan, apakah yang dilakukan oleh negara lain dan apakah kami mengalami kerugian karena tidak menerapkannya.”

“Kesimpulan bahwa seseorang yang tidak lahir di Inggris tidak boleh memperkuat timnas bukan pokok permasalahan, namun seberapa lamakah mereka harus tinggal di sini sebelum layak membela Inggris?”

“Tidak peduli sudah seglobal apapun sepakbola saat ini, tetap saja kita harus ingat dari manakah asal kita.”

Lebih lanjut, pria berumur 66 tahun tersebut mengungkapkan bahwa permasalahan naturalisasi sudah ada sistemnya sendiri dan seharusnya tidak perlu didramatisir, hanya karena munculnya seorang Januzaj.

“Januzaj bukan kasus satu-satunya. Saya tidak berpikir bahwa ini adalah persoalan individual.”

“Untuk jangka panjang, yang saya pikirkan adalah apakah anak-anak muda yang muncul melalui sistem pembinaan bisa bermain di level tertinggi jika mereka memiliki talenta,” pungkas Dyke.

Sepakbola.cc