Ringkasan Perjalanan Timnas Kroasia Menuju PD 2014

15

  Sebagai tim yang sepertinya tidak terlalu dijagokan saat berhadapan dengan tuan rumah, Brasil, redaksi gilabola ingin menyajikan perjalanan ringkasnya. Langkah Timnas Kroasia menuju Piala Dunia 2014 memang banyak tidak diketahui penikmat sepakbola. The Balkan -julukan tim ini- tampak meyakinkan setelah 5 kemenangan dan 1 kali seri pada 6 pertandingan awal, namun Kroasia hanya mampu […]

Internasional Piala Dunia  - Ringkasan Perjalanan Timnas Kroasia Menuju PD 2014

 

Sebagai tim yang sepertinya tidak terlalu dijagokan saat berhadapan dengan tuan rumah, Brasil, redaksi gilabola ingin menyajikan perjalanan ringkasnya. Langkah Timnas Kroasia menuju Piala Dunia 2014 memang banyak tidak diketahui penikmat sepakbola.

The Balkan -julukan tim ini- tampak meyakinkan setelah 5 kemenangan dan 1 kali seri pada 6 pertandingan awal, namun Kroasia hanya mampu meraup 1 poin dari 12 poin maksimal pada seluruh pertandingan berikutnya dengan kekalahan di kandang Skotlandia ( 1-0 ) dan Belgia ( 2-1 ) .

Berkat 6 pertandingan awal yang baik, Kroasia menduduki urutan ke – 2 grup dengan selisih 2 poin diatas Serbia, namun berjarak 9 poin dari pemimpin klasemen, Belgia.

Mari kita lihat sejarah singkat mereka untuk gelaran sebelumnya. Kroasia menjejakkan kaki mereka di Piala Dunia 1998 juga sebagai tim yang tidak diketahui dan diunggulkan. Tetapi Kroasia terbukti sanggup melaju dan berhasil memberikan kejutan di turnamen tersebut.

Mereka menempati posisi kedua di fase grup di belakang Argentina setelah kalah 1-0 dari Amerika Selatan. Namun Kroasia mengalahkan Jamaika 3-1 dan Jepang 1-0 di pertandingan selanjutnya.

Kemenangan 1-0 atas Rumania membuat Kroasia lolos ke delapan besar dan mempertemukan mereka dengan Jerman , di mana secara mengejutkan mereka tampil memukau dengan kemenangan 3-0 untuk mengirim juara Piala Dunia tiga kali tersebut pulang ke negaranya.

Namun pada akhirnya Kroasia kalah saat berhadapan dengan tuan rumah, Prancis, yang terlalu perkasa di semifinal. Tetapi debut para pemain muda sempat memberikan harapan juara dengan mengalahkan Belanda 2-1 di babak ketiga play-off .