‘Ritual Aneh’ Pesepakbola, Mulai Cristiano Ronaldo Sampai Iker Casillas

138

Sepakbola penuh ketidakpastian. Juara dunia 2014 bisa kalah lawan tetangganya yang selama 81 tahun terakhir selalu berhasil ditindasnya. Semifinalis Piala Dunia tersungkur di laga kualifikasi Euro 2016. Tidak heran jika pesepakbola berpaling pada ‘ritual-ritual aneh’ guna memastikan kemenangan. Atau setidaknya sugesti agar dirinya yakin bahwa laga akan berakhir dengan kemenangan. Mari kita mulai dari Cristiano […]

Internasional Liga Inggris Liga Spanyol  - 'Ritual Aneh' Pesepakbola, Mulai Cristiano Ronaldo Sampai Iker Casillas

Sepakbola penuh ketidakpastian.

Juara dunia 2014 bisa kalah lawan tetangganya yang selama 81 tahun terakhir selalu berhasil ditindasnya. Semifinalis Piala Dunia tersungkur di laga kualifikasi Euro 2016.

Tidak heran jika pesepakbola berpaling pada ‘ritual-ritual aneh’ guna memastikan kemenangan. Atau setidaknya sugesti agar dirinya yakin bahwa laga akan berakhir dengan kemenangan.

Mari kita mulai dari

Cristiano Ronaldo

Salah satu kebiasaan tim jika naik bus ke stadion adalah Ronaldo selalu duduk sendirian di baris paling belakang. Dan dia juga akan turun terakhir dari bus. (Ronaldo belum pernah naik bus Kalideres-Bogor yang punya bangku kayu VIP di atas bangku paling belakang. Bisa bingung dia mau duduk di mana.)

Di dalam pesawat, Ronaldo selalu duduk di sebelah Pepe. Dan dia harus menjadi orang pertama yang turun dari pesawat.

Di kamar ganti saat turun minum, gaya rambutnya harus berganti. Kabarnya, bukannya membahas situasi pertandingan, Ronaldo malah sibuk dengan gaya rambutnya yang tidak boleh sama untuk 45 menit kedua.

Pemain berusia 29 tahun itu juga harus menyentuh bola sebelum meninggalkan kamar ganti.

Menjadi orang terakhir yang keluar dari kamar ganti dan masuk lapangan.

Di tim nasional Portugal, pemain asal Real Madrid itu adalah satu-satunya pemain yang mengenakan jersey lengan panjang.

Masuk lapangan dia harus menginjakkan kaki kanan lebih dulu.

Jika mencetak gol, maka anak keempat itu akan melambaikan tangan lebih dulu pada keluarganya.

Dari semua kebiasaan itu, ada satu yang sudah berubah, yakni keluar paling akhir. Karena dia kapten timnas Portugal maka ia harus yang pertama masuk lapangan. Semoga ia tidak mempercayai itu sebagai sebab mengapa Portugal kini menghuni urutan terakhir Grup  I kualifikasi Euro 2016.

Klik NEXT untuk ritual aneh Iker Casillas