jumlah stadion rusia world cup 2018

 

Rusia, yang saat ini secara politik di atas angin dengan aksi mencaplok sebagian wilayah Ukraina, menolak tuntutan dari FIFA untuk mengurangi jumlah stadion Piala Dunia 2018 dari 12 menjadi 10.

Presiden FIFA Sepp Blatter mengatakan bulan lalu agar dua dari 12 stadion yang direncanakan bisa dipotong menjadi 10. Blatter kini berada di Sochi selama akhir pekan untuk membahas masalah itu dengan Menteri Olahraga Rusia Vitaly Mutko.

“Konsepsi, di mana 12 stadion di 11 kota akan menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia, tidak berubah,” kata Mutko, menurut kantor berita Itar-Tass. “FIFA merekomendasikan 10 stadion di sembilan kota, termasuk dua arena di Moskow.”

Mutko mengatakan keputusan akhir akan diambil pada pertemuan komite eksekutif FIFA pada bulan Oktober 2014. Mutko, yang merupakan anggota komite eksekutif, mengatakan keputusan di kemudian hari akan menimbulkan masalah karena konstruksi dijadwalkan akan segera dimulai di beberapa arena.

BACA JUGA  Mario Balotelli Kartu Merah, Apakah Nice Menyesal?

Delegasi FIFA sudah mulai memeriksa arena-arena 2018 pada hari Rabu, yang diawali dengan sebuah rencana stadion sebanyak 45.000 kursi di Rusia tengah, Saransk, kata Mutko.

Pada Piala Dunia di Brasil digunakan 12 stadion di 12 kota, dan ada spekulasi bahwa usul pemotongan jumlah stadion di Rusia mungkin bertujuan untuk menghindari penundaan konstruksi yang melanda beberapa lokasi di Brasil.

Baik FIFA maupun Rusia belum menyebutkan stadion mana yang akan dibatalkan, meskipun Mutko sebelumnya mengatakan bahwa stadion di kota sebelah barat, Kaliningrad, dan di bagian selatan, Volgograd, akan menjadi lokasi yang paling sulit untuk pembangunan.

Pada hari Minggu lalu, Kazan Arena yang baru dibangun di kawasan Rusia tengah menjadi arena pertama yang selesai untuk ajang 2018 dan sudah digunakan menjadi tuan rumah pertandingan saat Rubin Kazan draw 1-1 dengan Lokomotiv Moscow.

BACA JUGA  Fabio Cannavaro Ogah Rekrut Francesco Totti ke China

Sementara itu kandang Spartak Moscow yang baru, Otkritie Arena, yang juga menjadi salah satu stadion Piala Dunia, baru akan enjadi tuan rumah pertandingan pertamanya bulan depan.

The Olympic Stadium Fisht di Sochi menjadi tuan rumah upacara pembukaan dan penutupan di Olimpiade 2014, tetapi membutuhkan sejumlah pekerjaan renovasi sebelum dapat menjadi tuan rumah pertandingan sepakbola.

Pekerjaan renovasi besar-besaran telah dimulai di Stadion Luzhniki di Moskow, bakal lokasi tempat final, sementara kelompok tujuh stadion baru dan direnovasi di kota-kota provinsi sejauh ini terlihat sedikit konstruksi skala besar.

Gibolers! Berikan komentar terbaikmu untuk berita bola ini!