Rusia dihajar hukuman minus 6 di kualifikasi Euro 2016

Tidak cukup hanya tersisih dari Grup A Euro 2012 hanya gara-gara kalah head-to-head vs Yunani, kini timnas Rusia kini menghadapi hukuman yang jauh lebih kejam di Euro 2016, empat tahun lagi. Mereka akan memasuki masa kualifikasi Euro 2016 dengan hukuman minus 6. Hukuman itu dijatuhkan UEFA, PSSI-nya Eropa, gara-gara perkelahian antara fans Rusia dengan para […]

Tidak cukup hanya tersisih dari Grup A Euro 2012 hanya gara-gara kalah head-to-head vs Yunani, kini timnas Rusia kini menghadapi hukuman yang jauh lebih kejam di Euro 2016, empat tahun lagi.

Mereka akan memasuki masa kualifikasi Euro 2016 dengan hukuman minus 6.

Internasional Liga Europa  - Rusia dihajar hukuman minus 6 di kualifikasi Euro 2016

Hukuman itu dijatuhkan UEFA, PSSI-nya Eropa, gara-gara perkelahian antara fans Rusia dengan para suporter Polandia di jalanan kota Warsawa.

Kepolisian Warsawa menangkap setidaknya 100 orang Rusia dalam insiden tersebut.

Tim Rusia juga didenda sekitar Rp 1,4 milyar untuk perilaku fans mereka saat laga vs Ceko.

Sejak awal sudah diduga bahwa grup ini akan paling banyak masuk berita. Soalnya cukup sederhana, yakni ada demo rutin setiap tanggal 10 di depan istana presiden di ibukota Polandia, Warsawa.

Demo itu disebut sebagai “demonstrasi Smolensk,” merujuk pada peristiwa jatuhnya pesawat kepresidenan yang berakibat tewasnya seorang presiden Polandia beberapa tahun silam di dekat perbatasan kedua negara. Banyak yang percaya ini adalah ulah intel-intel Rusia. Para pedemo sudah sering memasang banner dan berteriak bahwa Putin adalah pelaku pembunuhan presiden Polandia.

Masalahnya, istana kepresidenan Polandia letaknya berdekatan dengan Hotel Bristol, markas timnas Rusia. Sudah tentu di sana akan berkumpul ribuan fans Rusia, dan juga puluhan wartawan Rusia. Inilah potensi bentrokan antara kedua fans.

Pengurus bola Rusia menolak hukuman UEFA ini dan berencana melakukan banding.