Salah Satu Wasit Terbaik di Dunia Itu Akhirnya Pensiun

21

Howard Webb, salah satu wasit terbaik di muka bumi itu, akhirnya memutuskan pensiun. Webb disukai oleh FIFA karena pendekatan personalnya terhadap para pemain saat terjadi ketegangan di lapangan. Ia tidak menggunakan pendekatan cabut kartu, sehingga misalnya sampai delapan atau 11 kartu dipamer-pamerkan ke pemain. Howard Webb adalah wasit yang memimpin final Piala Dunia 2010 antara Spanyol […]

Internasional Liga Inggris Piala Dunia  - Salah Satu Wasit Terbaik di Dunia Itu Akhirnya Pensiun

Howard Webb, salah satu wasit terbaik di muka bumi itu, akhirnya memutuskan pensiun. Webb disukai oleh FIFA karena pendekatan personalnya terhadap para pemain saat terjadi ketegangan di lapangan. Ia tidak menggunakan pendekatan cabut kartu, sehingga misalnya sampai delapan atau 11 kartu dipamer-pamerkan ke pemain.

Howard Webb adalah wasit yang memimpin final Piala Dunia 2010 antara Spanyol vs Belanda, yang berakhir 1-0 dengan perpanjangan waktu.

Di tanah Inggris, nama wasit berusia 42 tahun itu kurang begitu sedap, dikritik sebagai berpihak pada nama-nama besar klub Premier League, salah satunya Manchester United, meski sebuah tulisan di The Telegraph membuktikan, tuduhan itu tidak benar. Webb adalah salah satu wasit terbaik di Inggris.

Menghadapi suhu panas dan kelembaban tinggi di tanah Brasil, Webb secara khusus melatih dirinya di ruangan khusus Sheffield Hallam University’s Faculty of Health and Wellbeing. Ia berlari sprint 150 meter sebanyak 20 kali. Ruangan itu dirancang memiliki suhu 40 derajat Celcius dan kelembaban 80%, guna menyamakan kondisi dengan Estádio Nacional de Brasilia, Brasília, di mana ia memimpin laga Kolombia vs Pantai Gading.

Siapa wasit yang berlelah-lelah ria melatih dirinya dengan suhu dan kelembaban seperti itu? FIFA  tidak mengeluarkan ketentuan atau keharusan untuk berlatih di bawah suhu seperti Brasil.

Di Inggris, memimpin satu laga bola akan menghabiskan 2.200 kalori. Di Brasil dengan situasi seperti itu, jumlah energi yang dihabiskan akan menanjak menjadi 3.000 kalori. Para ahli memperkirakan Howard Webb akan mengeluarkan 4,7 liter keringat dan mengurangi 1 kg berat badan setiap kali memimpin satu laga.

Selama laga Kolombia vs Pantai Gading, Webb akan didampingi asisten Mike Mullarkey dan Darren Cann, para asisten yang juga menemaninya saat final Piala Dunia 2010.

Internasional Liga Inggris Piala Dunia  - Salah Satu Wasit Terbaik di Dunia Itu Akhirnya Pensiun
Webb dikenal dengan pendekatan personal kepada para pemain saat melakukan teguran-teguran selama pertandingan, sesuatu yang disukai oleh FIFA.

Menurut penelitian The Telegraph, Webb tidak suka bertindak sebagai malaikat maut, mendadak memberikan kartu merah atau penalti sehingga membalik situasi permainan. Maksudnya, penalti atau kartu merah di 15 menit akhir pertandingan bisa mengubah keadaan atau membalik kemungkinan dari kalah menjadi menang, dan sebaliknya. Rata-ratanya di 15 menit terakhir lebih baik daripada wasit Premier League lainnya.

Howard Webb akan beralih fungsi, mengisi peran direktur teknis untuk sebuah organisasi yang mengawasi para wasit di Inggris.

Dengan peluit dan kartu di tangan selama seperempat abad, Webb menjadi orang Inggris pertama yang memimpin final Piala Dunia dalam 36 tahun, dan wasit pertama yang melakukannya pada tahun yang sama dengan final Liga Champions. Di dalam negeri ia telah menjadi pengadil di lebih dari 500 pertandingan di Premier League sejak pertandingan pertamanya di divisi utama pada tahun 2003.

“Saya sangat bersemangat untuk memulai bab baru dalam karir saya setelah pengalaman 25 tahun di lapangan yang luar biasa mengesankan. Saya telah menghabiskan lebih dari satu dekade bersama liga terbaik di muka bumi,” kata Webb, yang perannya dengan Professional Game Match Officials Limited juga akan mencakup mendidik dan menginformasikan kepada masyarakat perihal profesi wasit.

Lelaki berusia 43 tahun itu hadir di turnamen Brasil 2014, mengendalikan partai Kolombia-Pantai Gading dan juga Brasil-Chile di babak 16 Besar, sebagai bagian kemunculannya di 21 pertandingan dari enam turnamen FIFA. Dia juga ikut turun tangan di Piala Dunia U-20 di Kanada 2007, Piala Duia U-17 di Nigeria 2009, Piala Konfederasi di Afrika Selatan 2009 dan Piala Konfederasi di Brasil 2013.

“Hari ini adalah hari istimewa dan menyedihkan karena salah satu wasit terbaik di dunia telah mengakhiri karirnya. Howard selalu serius dan siap untuk setiap pertandingan dengan cara yang sangat profesional,” kata Kepala Wasit FIFA Massimo Bussaca.

“Tanpa semangat dan kualitas alami, Anda tidak akan dapat mencapai tingkat tertinggi. Howard selalu menjadi contoh yang bagus untuk setiap wasit muda. Saya yakin ia akan mampu untuk mentransfer pengetahuan dan pengalamannya kepada banyak wasit di Inggris dan di seluruh dunia dalam peran barunya. Saran saya kepadanya? Jadilah seperti Anda dulu di lapangan. ”

Berbicara sebelum peristiwa Piala Dunia terakhir di Brasil, Webb mengenang kembali ke laga final di Soccer City antara Spanyol dan Belanda empat tahun sebelumnya. “Adalah kehormatan besar untuk berada di sana. Sangat fantastis. Partai final itu benar-benar mengubah hidup saya.”

“[Saya ingat] berjalan menuju lapangan, mengambil bola emas Jabulani dan berjalan melewati trofi Piala Dunia. Itu adalah logam palinng bersinar yang pernah saya lihat dalam hidup saya: patung emas dengan bola dunia di bagian atasnya dan dasar hijau. Sangat luar biasa.”

Internasional Liga Inggris Piala Dunia  - Salah Satu Wasit Terbaik di Dunia Itu Akhirnya Pensiun