Satu Lagi Pemain Jerman Pensiun

33

Per Mertesacker telah menjadi anggota ketiga dari tim pemenang Piala Dunia 2014 Jerman yang memutuskan pensiun dari aktivitas sepakbola internasional. Bek Arsenal berusia 29 tahun itu mengakhiri karirnya sebulan setelah mengangkat trofi Piala Dunia di Brasil, mengikuti jejak dari Philipp Lahm dan Miroslav Klose. “Pertama dan terpenting itu adalah tentang saya. Setelah karir 10 tahun di tim nasional, […]

Internasional Liga Inggris Liga Jerman  - Satu Lagi Pemain Jerman Pensiun
Per Mertesacker telah menjadi anggota ketiga dari tim pemenang Piala Dunia 2014 Jerman yang memutuskan pensiun dari aktivitas sepakbola internasional.

Bek Arsenal berusia 29 tahun itu mengakhiri karirnya sebulan setelah mengangkat trofi Piala Dunia di Brasil, mengikuti jejak dari Philipp Lahm dan Miroslav Klose.

“Pertama dan terpenting itu adalah tentang saya. Setelah karir 10 tahun di tim nasional, [saya harus] mampu mengatakan kapan tahap ini berakhir,” kata Mertesacker.

Sejak membuat debutnya melawan Iran pada tahun 2004, Mertesacker telah menjadi andalan di lini pertahanan Jerman sebanyak 104 caps dan bermain di lima turnamen besar.

“Memenangkan Piala Dunia adalah mungkin cara terbaik mengakhiri karir 10 tahun di tim nasional. Saya minggir untuk memberi kesempatan pemain muda mengambil alih. Kita (Jerman) tidak perlu khawatir tentang masa depan, kita lebih siap daripada  sebelumnya. Saya senang bahwa saya sudah bisa bermain begitu lama, senang bahwa orang-orang telah mempercayai saya,” kata Mertesacker, yang kemudian mempertegas ambisi di tingkat klub.

“Saya masih lapar untuk lebih banyak trofi, tapi saya ingin memenangkan trofi dengan Arsenal, untuk memenangkan liga, barangkali juga lolos di Liga Champions.”

“Anda bisa melihat bahwa potensi itu ada, beberapa kali. Kami berada di puncak [klasemen] sampai Natal. Ada di sana untuk waktu yang cukup lama. Tapi di laga tandang besar kami terlalu naif. Kami juga tidak bisa mengimbangi pemain-pemain yang cedera. Tapi saya punya perasaan bahwa kita akan mencapai lebih banyak [trofi]. Manager terus-menerus mendorong kita ke arah yang benar dengan pengalaman dan ketenangannya. Dan klub telah menghabiskan banyak uang untuk memperkuat skuad. Tentu saja, ada empat, lima tim lain yang semuanya dapat memenangkan liga. Tapi kami punya keinginan untk trofi sekarang, setelah memenangi Piala FA.”

“Saya juara dunia tetapi Anda tidak bisa membiarkan dirimu pergi karena itu. Ada tantangan baru. Saya wakil kapten di Arsenal dan saya tahu bahwa saya memiliki lebih banyak tanggung jawab sekarang. Saya ingin mencapai hal-hal besar bersama klub. Mengistirahatkan kaki Anda dan kepala Anda lebih lama bukanlah hal yang buruk, terutama pada usia tua saya.”

 

Hanya ada tujuh pemain, yakni Lothar Matthaeus, Klose, Lukas Podolski, Lahm, Juergen Klinsmann, Bastian Schweinsteiger dan Juergen Kohler, yang telah membela Jerman lebih sering daripada Mertesacker.

Bek tengah itu sekarang akan bebas untuk fokus pada karir klubnya bersama Arsenal, dengan mantan rekan tim internasionalnya Mesut Oezil dan Lukas Podolski.