Satu Lagi Stadion Piala Dunia 2018 Mulai Dibangun

  •   Rusia serius mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018. Berbeda dengan Brasil yang tidak berhasil menyelesaikan pembangunan beberapa infrastruktur, Rusia merancang segalanya jauh-jauh hari. Setelah dua stadion sepakbola berdiri dan siap digunakan, yakni di Sochi dan Kazan, satu lagi stadion Piala Dunia 2018 siap dibangun. Pada tanggal 21 Juli kemarin diadakan upacara di […]

Internasional Piala Dunia  - Satu Lagi Stadion Piala Dunia 2018 Mulai Dibangun

 

Rusia serius mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018. Berbeda dengan Brasil yang tidak berhasil menyelesaikan pembangunan beberapa infrastruktur, Rusia merancang segalanya jauh-jauh hari. Setelah dua stadion sepakbola berdiri dan siap digunakan, yakni di Sochi dan Kazan, satu lagi stadion Piala Dunia 2018 siap dibangun.

Pada tanggal 21 Juli kemarin diadakan upacara di Samara untuk menandai dimulainya pekerjaan konstruksi di sebuah stadion baru.  Upacara peresmian, yang meliputi pula peletakan sebuah ‘kapsul waktu’ di fondasi arena masa depan, dihadiri oleh Presiden Vladimir Putin.

“Samara telah memilih tempat yang megah untuk stadion baru,” kata Putin. “Saya harus mengatakan bahwa persiapan untuk Piala Dunia akan memungkinkan banyak kota-kota kita untuk terbuka dan memungkinkan infrastruktur mereka untuk dikembangkan. Ada sejumlah besar pekerjaan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kota-kota kita ke tingkat yang baru, termasuk kota luar biasa Anda ini.”

Piala Dunia Rusia sebenarnya tengah dalam ancaman pembatalan jika penyelidikan kasus suap di tubuh FIFA menemukan adanya keterlibatan uang atau jasa lain dalam pengambilan keputusan ini. Demikian juga Piala Dunia 2022 di Qatar.

Untuk peletakan simbolis dari kapsul waktu, yang berisi pesan-pesan dari warga Samara kepada generasi mendatang, Vladimir Putin mengundang olahragawan muda naik ke panggung, beberapa di antaranya mungkin bisa tampil di arena internasional dalam tahun-tahun mendatang.

Stadion baru di Samara dirancang untuk 45,000 penonton dan akan menjadi rumah masa depan klub lokal Krylia Sovetov (“Sayap-sayap Soviet”), yang secara teratur muncul di papan atas liga dan berkompetisi beberapa kali di level Eropa.

Tema The Cosmos yang ditampilkan di seluruh arsitektur arena bukanlah kebetulan. Wilayah Samara secara tradisional dikenal sebagai jantung dari industri penerbangan dan luar angkasa Rusia.

Sampai dengan saat ini, sebagai bagian dari persiapan Piala Dunia 2018, dua stadion sudah selesai, di Sochi dan Kazan. Pada bulan September arena baru untuk Spartak FC akan membuka pintunya bagi para penggemar di Moskow. Pekerjaan berlanjut pada stadion di St Petersburg, yang rencananya akan dibuka pada musim panas 2016.

Sekalipun terancam dibatalkan, namun jika melihat redaksi kalimat dan kata-kata penuh puja puji di situs FIFA, agaknya mereka tidak akan cukup hati untuk membatalkan Piala Dunia 2018 di Rusia. Meski, hal yang sama mungkin tidak berlaku untuk Qatar.