Siap-siap Tontonan Menarik, Belanda Main Serius

7

Tiga hari lalu, usai kekalahan adu penalti di semifinal vs Argentina, Louis van Gaal (LVG) masih ngambek dan mengejek-ejek laga perebutan posisi ketiga sebagai sesuatu yang tidak akan dikenang siapa pun. “Pertandingan ini tidak boleh dimainkan. Saya telah mengatakan hal yang sama selama 10 tahun terakhir. Ini tidak adil,” tukasnya ketus. Kini, LVG entah atas alasan apa, berbalik serius mempersiapkan […]

Siap-siap Tontonan Menarik, Belanda Main Serius - berita Internasional Liga Inggris Piala Dunia

Tiga hari lalu, usai kekalahan adu penalti di semifinal vs Argentina, Louis van Gaal (LVG) masih ngambek dan mengejek-ejek laga perebutan posisi ketiga sebagai sesuatu yang tidak akan dikenang siapa pun. “Pertandingan ini tidak boleh dimainkan. Saya telah mengatakan hal yang sama selama 10 tahun terakhir. Ini tidak adil,” tukasnya ketus.

Kini, LVG entah atas alasan apa, berbalik serius mempersiapkan pertandingan Minggu dinihari WIB.

Mungkin menyadari bahwa ini satu-satunya kesempatan menorehkan nama emas Louis van Gaal sebagai satu-satunya pelatih Belanda yang tidak pernah kalah dalam pertandingan reguler 90 atau 120 menit di turnamen Piala Dunia. Kalau pun tersisih di semifinal Piala Dunia 2014, itu terjadi karena adu penalti. Nasib-nasiban, mirip lempar koin.

“Masih ada sesuatu yang bisa kami lakukan di sini. Kami masih bisa menulis sejarah. Belanda selalu kalah pertandingan di Piala Dunia. Itu terjadi pada tahun 1974 dan 1978,” katanya.

1974 kalah vs Jerman Barat. 1978 kalah vs Argentina. Keduanya terjadi di babak final Piala Dunia.

“Saya harap saya bisa mempersiapkan mereka untuk memainkan laga ini secara baik. Ini akan menjadi pertandingan terakhir saya (dengan tim Belanda) dan para pemain mungkin ingin memberi saya kado dalam bentuk kemenangan sehingga kami bisa mencatatkan rekor terkalahkan.”

“Rekor tersendiri lho tujuh kali laga tak terkalahkan.”

Dalam kaitan itu LVG bahkan merahasiakan nama-nama pemain yang akan diturunkannya besok dinihari WIB.

“Saya tidak menyebutkan nama tim pagi ini, yang bertentangan dengan prinsip-prinsip saya, dan itu adalah pertama kalinya saya melakukan itu. Saya harus melihat bagaimana sesi pelatihan kami terlebih dulu. Saya harus melihat siapa yang dalam kondisi yang baik dan siapa yang tidak.”

“Kami telah berada di turnamen ini waktu terlama dengan tiga tim lain, sehingga rasa sakit yang diderita para pemain sekarang benar-benar jadi masalah. Tapi, kita bergerak ke arah yang benar. ”

Bukan LVG sih kalau tidak marah-marah. Ia masih tetap merasa kesal terhadap bias tuan rumah dalam jadwal yang disusun FIFA.

“Saya akan tetap berpegang pada fakta-fakta,” kata Van Gaal. “Fakta adalah bahwa Brasil mulai laga pertama. Dan lagi Brazil telah memainkan pertama dan kami bermain sehari kemudian. ”

“Ini adalah fakta dan saya tidak akan bertele-tele. Maka Anda tahu apa implikasinya jika itu terjadi. Satu-satunya pertanyaan yang akan ditanyakan adalah: Mengapa?”

“Saya pikir [Luiz Felipe] Scolari harus berpikir tentang hal itu jika ia ingin melakukan itu dan diperbolehkan untuk melakukan itu. Kami memiliki satu hari kurang dari Brazil. Kita harus pulih dalam 2,5 hari, yang secara fisik sulit terwujudkan.”

Setelah ini LVG akan langsung terbang ke Manchester, menghadiri jumpa pers perkenalan, lalu memimpin tur MU ke Amerika Serikat selama sekitar 10 hari.