Siapa Tim Paling Berpengalaman di Brasil 2014?

15

  Faktor penentu juara bisa datang dari kombinasi banyak hal. Salah satunya pengalaman, yaitu seberapa sering pemain dalam satu tim tampil di laga-laga internasional, entah turnamen atau pertandingan persahabatan. Jika laga yang sudah dijalani seluruh pemain dikumpulkan jadi satu, siapakah tim yang paling berpengalaman di Brasil 2014?   Spanyol adalah sang juara bertahan, sekaligus juara Eropa. Tidak […]

 

Internasional Piala Dunia  - Siapa Tim Paling Berpengalaman di Brasil 2014?

Faktor penentu juara bisa datang dari kombinasi banyak hal. Salah satunya pengalaman, yaitu seberapa sering pemain dalam satu tim tampil di laga-laga internasional, entah turnamen atau pertandingan persahabatan. Jika laga yang sudah dijalani seluruh pemain dikumpulkan jadi satu, siapakah tim yang paling berpengalaman di Brasil 2014?

 

Spanyol adalah sang juara bertahan, sekaligus juara Eropa. Tidak heran caps mereka tertinggi dan berjarak cukup jauh, 243 poin, di atas urutan kedua, Uruguay.

Sementara Inggris yang datang dengan banyak pemain muda mencatatkan caps total secara tim: 626. Atau setara rata-rata 18 caps per pemain. Tidak terlalu mengesankan. Kekurangan pengalaman akan sangat mempengaruhi ketika tim berada dalam tekanan, misalnya tertinggal selisih gol. Banyaknya jam terbang menyebabkan moral tim tetap tinggi, misalnya dengan terus menyerang sampai detik-detik terakhir. Sejarah memperlihatkan, banyak nasib ditentukan di saat-saat terakhir game.

Yang paling sedikit jam terbangnya adalah timnas Aljazair dengan 364. Pemain yang paling berpengalaman di tim ini adalah Madjid Bougherra dengan 61 penampilan internasional. Bandingkanlah dengan timnas Spanyol yang memiliki 5 pemain dengan caps di atas 100.

Pemain paling berpengalaman –Iker Casillas (GK), Spain – 153 caps

Paling lugu –Tercatat 28 pemain dengan 0 caps

Rata-rata caps seluruh pemain – 33