Siapa Tim Underdog Yang Bisa Bikin Kejutan?

Jangan pernah meremehkan tim-tim yang tidak diunggulkan. Ingat tidak Piala Dunia 2002 ketika Korea Selatan bersama Turki maju ke babak semi final? Mereka hanya bisa dihentikan raksasa Jerman dan Brasil dengan skor masing-masing 1-0. Siapa yang menyangka? Juga kenangan tahun 2006 ketika Italia yang terseok-seok akhirnya muncul sebagai juara dunia. Tahun ini para favorit adalah juara […]

Internasional Piala Dunia  - Siapa Tim Underdog Yang Bisa Bikin Kejutan?

Jangan pernah meremehkan tim-tim yang tidak diunggulkan. Ingat tidak Piala Dunia 2002 ketika Korea Selatan bersama Turki maju ke babak semi final? Mereka hanya bisa dihentikan raksasa Jerman dan Brasil dengan skor masing-masing 1-0. Siapa yang menyangka? Juga kenangan tahun 2006 ketika Italia yang terseok-seok akhirnya muncul sebagai juara dunia.

Tahun ini para favorit adalah juara bertahan Spanyol, tuan rumah Brasil, Jerman yang luar biasa, dan mungkin juga Argentina. Namun siapa sajakah tim yang kelihatan biasa saja, namun bisa menghadirkan kejutan? Setidaknya ada tiga tim yang berpotensi menjadi kuda hitam.

Prancis. Alasan terbesarnya adalah karena Prancis selalu tidak bisa diprediksi. Juara dunia 1998, runner up 2006, tapi sama sekali tak bisa lolos daripenyisihan grup di tahun 2002 dan 2010. Nah, untuk tahun ini mereka menghadapi tim-tim yang relatif lebih lemah, yakni berturut-turut Honduras, Swiss, dan Ekuador. Besar kemungkinan Prancis bisa lolos ke babak 16 Besar dengan posisi juara grup E. Calon lawan berikutnya adalah runner up Grup F, yang salah satu dari tim berikut: Iran, Nigeria, atau Bosnia. Semestinya Prancis bisa mengatasi perlawanan salah satu dari ketiganya. Setelah ini barulah kemungkinan besar mereka berhadapan dengan Jerman di babak perempat final. Tapi dengan modal pemain-pemain seperti Karim Benzema, Frack Ribery, dan Paul Pogba, selalu ada kemungkinan untuk lolos ke semifinal.

Belgia. Tim ini memiliki beberapa pemain paling disorot saat ini, yakni Eden Hazard, Romelu Lukaku dan Thibaut Courtois. Grup H juga tidak mudah karena ada tim-tim seperti Korea Selatan, Rusia, dan Aljazair. Tapi kemungkinan besar mereka bisa lolos dari grup, dan akan berhadapan dengan Portugal yang dikalkulasi menjadi runner up Grup G. Jika bisa menyingkirkan Portugal maka di babak berikutnya akan menghadapi Spanyol atau Italia. Inilah tantangan sesungguhnya bagi Belgia.

Kolombia. Di Grup C Kolombia menghadapi lawan yang relatif tidak kuat, yakni Jepang, Pantai Gading, dan Yunani. Ingat, Kolombia adalah tim yang lolos dari penyisihan wilayah Amerika Selatan dengan posisi di atas Cile dan Uruguay, dan hanya selisih 2 poin di bawah Argentina. Jadi Kolombia nomor kedua terkuat dari Amerika Latin, dan harus diperhitungkan. Dalam beberapa pertandingan persahabatan, mereka sudah mengalahkan Belgia 2-0, dan seri melawan Belanda.

Kamu yakin dengan analisa ini?