Sidang Banding CAS Luis Suarez Dimulai, Ada Harapan!

12

Banding Luis Suarez terhadap larangan hukuman empat bulannya karena menggigit pemain bola lawan berlangsung di Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS) pada hari Jumat ini dengan tim hukumnya merasa yakin akan pemain asal Uruguay itu mendapatkan pengurangan hukuman. Pengacara striker Barcelona ini telah melakukan perjalanan ke markas CAS di Lausanne, Swiss, menjelang sidang itu dan mengatakan, karena insiden […]

Internasional Liga Spanyol  - Sidang Banding CAS Luis Suarez Dimulai, Ada Harapan!

Banding Luis Suarez terhadap larangan hukuman empat bulannya karena menggigit pemain bola lawan berlangsung di Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS) pada hari Jumat ini dengan tim hukumnya merasa yakin akan pemain asal Uruguay itu mendapatkan pengurangan hukuman.

Pengacara striker Barcelona ini telah melakukan perjalanan ke markas CAS di Lausanne, Swiss, menjelang sidang itu dan mengatakan, karena insiden menggigit itu terjadi saat bermain untuk tim nasional Uruguay di turnamen Piala Dunia maka hendaknya larangan tersebut hanya dibatasi pada event sepakbola internasional, bukan di level klub.

Tim hukum berharap CAS akan mengurangi separuh larangan itu menjadi dua bulan saja, yang berarti mantan striker Liverpool tersebut akan bisa mulai bermain pada tanggal 25 Agustus 2014, dan sementara masa skorsing masih berlangsung hingga tanggal itu, bagi Suarez diizinkan untuk berlatih bersama skuad Barcelona.

CAS mengatakan keputusan akhir mungkin “beberapa hari setelah kesimpulan dari sidang” tapi ada kemungkinan itu bisa segera terjadi sesudah rapat banding selesai.

FIFA memberlakukan larangan empat bulan dari semua aktivitas yang berhubungan dengan sepakbola, ditambah larangan  sembilan pertandingan internasional dan denda £ 66.000 (Rp 1,3 Milyar) setelah Suarez menggigit bek Italia Giorgio Chiellini saat menang laga 1-0. Pada tanggal 24 Juni komite banding FIFA menguatkan sanksi tersebut.

Pengacara Suarez Alejandro Balbi, yang juga anggota dari AUF (PSSI-nya Uruguay), mengakui hanya ada sedikit kesempatan untuk membalikkan larangan sembilan pertandingan internasional tersebut, tetapi mengatakan bahwa masih ada ruang untuk pengurangan larangan empat bulan dengan alasan bahwa hal itu melanggar “hak-hak dasar” pemain untuk mencari nafkah.

Balbi mengatakan kepada surat kabar Uruguy El Observador: “Akan lebih masuk akal mengurangi beberapa bulan sanksi daripada mengurangi larangan pertandingan internasional, karena secara hukum lebih mudah untuk menyanggah persyaratan suspensi yang melarang dia ikut latihan dan aktivitas klub, karena itu melanggar hak asasi manusia.”

“Larangan lainnya (larangan sembilan pertandingan untuk Uruguay) lebih merupakan masalah seberapa berat hukuman itu.”

Jika banding CAS tidak mengabulkan banding Suarez maka ia baru boleh berlatih dan bertanding mulai 25 Oktober 2014.