Skor 1-7 Itu Juga Guncang Dunia Maya

Skor 1-7 di laga semifinal Brasil vs Jerman bukan hanya memecahkan rekor jumlah gol, tapi juga mengguncang sejumlah rekor di dunia maya, Facebook dan Twitter serta Google+. Facebook melaporkan, aktivitas para gilabola selama pertandingan Rabu dinihari WIB itu mencapai 200 juta kali, dengan sekitar 66 juta pengguna memencet tombol Like, berkomentar, hingga sharing dan posting. Ini tercatat sebagai […]

Pelatih Indonesia Alfred Riedl berniat untuk meraih kemenangan atas Thailand guna memberikan trofi juara Piala AFF pertama untuk Indonesia.

Internasional Piala Dunia  - Skor 1-7 Itu Juga Guncang Dunia Maya

Skor 1-7 di laga semifinal Brasil vs Jerman bukan hanya memecahkan rekor jumlah gol, tapi juga mengguncang sejumlah rekor di dunia maya, Facebook dan Twitter serta Google+.

Facebook melaporkan, aktivitas para gilabola selama pertandingan Rabu dinihari WIB itu mencapai 200 juta kali, dengan sekitar 66 juta pengguna memencet tombol Like, berkomentar, hingga sharing dan posting. Ini tercatat sebagai rekor tertinggi percakapan di Facebook untuk satu laga tunggal Piala Dunia hingga saat ini. Sekitar seperempat dari seluruh aktivitas itu berasal dari negara tuan rumah Brasil, yang akhirnya tersisih.

Laga dengan aktivitas kedua tertinggi di Facebook adalah laga perdana Brasil-Kroasia, yang menghasilkan 58 juta pengguna. Facebook mencapai rekor 1 miliar aktivitas terkait Piala Dunia dalam minggu pertama saja.

Hal yang sama juga terjadi di Twitter. “Dengan 35,6 juta tweet, #BRA v #GER adalah laga olahraga tunggal yang terbanyak dibahas dalam sejarah Twitter,” kata staf perusahaan berbasis di San Francisco itu, Selasa.

Bandingkan angka tersebut dengan 24,9 juta tweet saat Superbowl 2014.

Aksi gelandang serang Jerman Sami Khedira yang membuat skor berubah menjadi 5-0 hanya dalam waktu 29 menit di babak pertama juga mencatat rekor untuk tweet per menit, yakni di angka 580.166. Golnya Khedira juga menjadi ‘moment sosial’ teratas di Facebook.

Di Google, di mana sudah terjadi lebih dari 1,9 miliar pencarian terkait Piala Dunia sejak bulan lalu, mesin pencari melaporkan bahwa penggemar dari Brasil dan Jerman adalah yang paling tertarik pada rekor 16 gol Miroslav Klose sepanjang sejarah Piala Dunia.

Namun ketika menyangkut pemain, Neymar (yang terpaksa pensiun dini dari Piala Dunia Selasa lalu karena dengan cedera ruas tulang belakang) menarik perhatian penggemar dari kedua negara. Gilabola Brasil dan Jerman mencari nama Neymar da Silva Santos Júnior empat kali lebih banyak daripada nama  kiper Jerman Manuel Neuer, yang menjadi pemain paling populer dari tim pemenang pada Rabu pagi WIB, menurut Google.

Google juga menilai emosi dari semua posting ke jaringan sosial Google+ yang dibuat oleh gilabola di kedua negara. Tidak mengherankan, gilabola Brasil merasakan “patah hati” sementara gilabola Jerman merasa “tidak terkalahkan,” menurut Google. Aktivitas media sosial naik cepat selama Piala Dunia, menunjukkan meningkatnya pangsa pemirsa televisi yang menggunakan media sosial untuk berbagi kesan dan perasaan mereka dengan teman dan followernya.

Sepakbola.cc