Skor Akhir Brasil vs Belanda, Perebutan Juara Ketiga Piala Dunia, 13 Juli 2014

 

Sebenarnya tuan rumah berusaha melawan, namun tidak ada penyelesaian akhir yang mumpuni, selain pertahanan tuan rumah yang kocar kacir.

Hasil pertandingan perebutan juara ketiga Piala Dunia 2014 antara Brasil vs Belanda, 13 Juli 2014. Laga ini menentukan bagi tuan rumah, membuktikan apakah mereka bisa melupakan kekalahan semifinal 1-7 yang memalukan vs Jerman. Bagi Belanda yang merasa laga ini kurang penting, seperti diutarakan pelatih Louis van Gaal, laga ini juga penting untuk membuktikan mereka tidak terkalahkan selama Piala Dunia 2014 ini. Hanya tersisih gara-gara adu nasib, adu penalti.

Skor akhir 0-3 (0-2) untuk Belanda. Tim Oranje merebut juara ketiga Piala Dunia.

Gol pertama diukir menit ke-2 oleh van Persie dari titik penalti, setelah Arjen Robben dijatuhkan Thiago Silva di daerah berbahaya. Kartu kuning untuk Silva.

Robben terpaksa dijatuhkan Silva karena terobosan yang dilakukannya di sisi kiri pertahanan Brasil itu sangat cepat.

Gol kedua menit 17 oleh Daley Blind, memanfaatkan kesalahan kerjasama bagian belakang Brasil. Satu usaha menyingkirkan bola oleh David Luiz jatuh ke depan kotak penalti, diterima dengan kontrol bola satu-dua kali oleh Blind dan tembakan keras ke gawang Julio Cesar, dan gol!

Laga sebenarnya berlangsung seimbang dengan 57% bola dikuasai Brasil.

Dibandingkan laga-laga sebelumnya, wasit Djamel Haimoudi dari Aljazair agak terlalu rajin meniup pluit.

Menit 36 De Guzman kena kartu kuning.

Satu tendangan bebas Brasil di menit 37 sedikit di luar kotak penalti nyaris berbuah gol. Sayang David Luiz terlambat.

Hingga babak pertama berakhir, skor pertandingan Brasil vs Belanda masih tetap 0-2.

Menit ke-49 ada peluang emas Belanda menambah gol. Arjen Robben dari sisi kiri dengan cepat mengambil tendangan bebas, sayang masih terpantul kaki pemain Brasil.

Menit 53 giliran Fernandinho dikartu kuning karena melanggar van Persie. Cukup kasar.

Seleção memiliki satu kesempatan bagus di menit 59, sayang sekali tendangan keras Ramires masih melebar di sisi kanan gawang Belanda.

David Luiz mengambil satu kesempatan bola mati menit 62, sedikit di luar kotak penalti. Tendangan kerasnya masih bisa dijinakkan oleh kiper Cillessen.

Oscar mendapat kartu kuning menit 68 karena dinilai diving di kotak penalti. Replay menunjukkan sebenarnya itu murni pelanggaran oleh Blind. Kakinya telat masuk, menyebabkan Oscar jatuh.

Satu kesempatan lagi menit 79 oleh Brasil melayang di atas mistar.

Satu kesempatan emas lain menit 80, dengan umpan terobosan ke depan gawang diselamatkan dengan sempurna oleh Cellissen.

Sudah handball, mencoba diving pula Robben di menit 81 tadi dalam satu umpan jauh ke depan gawang Cesar.

Di luar insiden-insiden yang memang jelas-jelas terjadi, wasit asal Aljazair ini terlihat terlalu sering meniup pluit, mengganggu alur pertandingan.

Belanda membalas di menit 85 dengan satu terobosan ke depan gawang, dengan mudah dijinakkan pemain belakang. Sepak pojok oleh Robben yang disambut kepala Kuyt nyaris berbuah gol. Sayang menyimpang ke samping gawang Cesar.

Di menit-menit akhir laga, menit 90+1, Georginio Wijnaldum menambah gol dari satu umpan Janmaat di sisi kanan.

Satu menit terakhir, penggantian basa basi dari penjaga gawang utama, Cillessen ke Vorm.

STARTING XI Brasil vs Belanda:

Brasil: J. Cesar, Maicon, Thiago Silva David LuizMaxwell ScherrerPaulinho 8 (Hernanes 57′), Luis Gustavo (F Rosa 64′), Ramires (Hulk 76′), Oscar dos Santos Emboaba JúniorWillian, Jo

Belanda: Cillessen, Dirk Kuyt, Stefan de Vrij, Vlaar, B Martins, Blind (Janmaat 70′), Georginio, de Guzmán, J Clasie (Veltman 89′), Robin van Persie, Arjen Robben

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisement