Skor Akhir Brasil vs Jerman, Semifinal Piala Dunia, 9 Juli 2014

14

Brasil belum bisa melepaskan diri dari kutukan abadi yang mereka takuti, bahwa tim Samba tidak akan pernah menjadi juara dunia kala menjabat sebagai tuan rumah. Pagi ini WIB Brasil dengan mudah disingkirkan dan dipermalukan oleh Der Panzer, satu dari dua wakil Eropa di babak semifinal. Skor akhir yang tidak disangka-sangka siapa pun, 1-7. Brasil sebenarnya […]

Internasional Liga Jerman Piala Dunia  - Skor Akhir Brasil vs Jerman, Semifinal Piala Dunia, 9 Juli 2014

Brasil belum bisa melepaskan diri dari kutukan abadi yang mereka takuti, bahwa tim Samba tidak akan pernah menjadi juara dunia kala menjabat sebagai tuan rumah. Pagi ini WIB Brasil dengan mudah disingkirkan dan dipermalukan oleh Der Panzer, satu dari dua wakil Eropa di babak semifinal.

Skor akhir yang tidak disangka-sangka siapa pun, 1-7.

Brasil sebenarnya memulai laga dengan mengurung pertahanan Jerman. Itu berlangsung sekitar 10 menit pertama. Berkali-kali mereka melakukan terobosan ke kawasan berbahaya, namun tidak satu pun berbuah gol. Bahkan menurut catatan statistik, tak satu pun tendangan on target, ke arah gawang.

Gelombang serangan Brasil berhasil dipatahkan oleh Jerman di menit ke-11 ketika Thomas Mueller mencetak gol. Itu adalah gol kelima Mueller di Piala Dunia 2014 ini. Ia hanya selisih satu gol saja dari top scorer, James Rodriguez, dari Kolombia. Pemegang gol terbanyak akan memperoleh hadiah Sepatu Emas.

Sekitar menit 20-an, dimulailah pembantaian demi pembantaian. Terlihat ada lubang yang kosong di lini pertahanan Brasil, seturut absennya kapten merangkap bek Thiago Silva akibat akumulasi kartu kuning.

Gol-gol Jerman di babak pertama terjadi di menit 11 oleh Thomas Mueller, 23′ Klose, 24′ & 26′ Toni Kroos, 29′ Sami Khedira.

Saat turun minum skor sudah 0-5, namun disiplin khas Jerman menyebabkan Philipp Lahm dan kawan-kawan tidak mengendurkan serangan. Mereka terus mencoba menciptakan gol-gol tambahan, namun dengan sesedikit mungkin perayaan. Karena bahkan sejak skor masih 0-3 pun sudah banyak gilabola Brasil yang terlihat menangis.

Memasuki babak kedua pola yang sama berulang. Brasil kembali mengurung pertahanan Jerman, namun tidak ada yang berbuah gol, meski di menit-menit 46, 50, 51 dan 52 setidaknya ada lima kesempatan bagi pemain-pemain Brasil untuk menjebol gawang lawan. Kehebatan Manuel Neuer terlihat dari respons refleksnya menghadapi tendangan-tendangan pemain Brasil. Seakan-akan semua bagian tubuhnya bisa digunakan untuk menepis, menghalau bola lawan.

Skor bertambah menjadi 0-7 dengan gol-gol tambahan pemain pengganti André Schürrle di menit 69 dan menit 79. Dua gol ini tidak dirayakan berlebihan oleh Jerman. Mereka tahu tanggal ini, hari ini, akan diingat sebagai salah satu hari paling memalukan dalam sejarah bola Brasil.

Gol hiburan untuk kubu Brasil tercipta di menit terakhir oleh Oscar. Kiper Neuer tampak terpukul tidak bisa menjaga rekor bersih untuk gawangnya. Tapi tak apalah. Jerman maju ke final menghadapi pemenang antara Belanda vs Argentina yang baru turun bermain Kamis dinihari esok pukul 03.00 WIB.

Kini Jerman dalam perjalanan untuk mengakhiri kutukan lainnya bahwa belum pernah ada tim Eropa yang berhasil menjadi juara dunia di benua Amerika Selatan.