Soal Piala Dunia Rusia 2018 & Qatar 2022 Diputuskan Akhir Juli

10

Penyelidikan soal kasus suap pada penunjukan Rusia dan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia akan selesai pada akhir bulan Juli 2014, dengan putusan akan dijatuhkan pada bulan Agustus atau September 2014. FIFA mendekati akhir dari penyelidikan selama 18 bulan terhadap kemungkinan adanya pelanggaran etika dalam proses penawaran dan pengambilan keputusan untuk tuan rumah Piala Dunia 2018 […]

Internasional Piala Dunia  - Soal Piala Dunia Rusia 2018 & Qatar 2022 Diputuskan Akhir Juli

Penyelidikan soal kasus suap pada penunjukan Rusia dan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia akan selesai pada akhir bulan Juli 2014, dengan putusan akan dijatuhkan pada bulan Agustus atau September 2014.

FIFA mendekati akhir dari penyelidikan selama 18 bulan terhadap kemungkinan adanya pelanggaran etika dalam proses penawaran dan pengambilan keputusan untuk tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022. Soal Piala Dunia Rusia 2018 & Qatar 2022 diputuskan akhir Juli.

Tetapi FIFA tidak akan merilis hasilnya terbuka untuk masyarakat umum. FIFA menegaskan bahwa laporan akhir penyelidikan itu hanya akan dibagi bersama dengan komite etika.

“Kami tidak memiliki kabar terbaru soal pengiriman laporan dari komisi investigasi komite etik independen,” kata juru bicara FIFA.

“Harap dicatat bahwa sesuai dengan pasal 28 dan 36 dari Kode Etik FIFA, laporan akan diserahkan ke komisi peradilan tetapi hanya keputusan akhir dari komisi ini yang dapat dipublikasikan.”

FIFA telah diguncang oleh tuduhan penyuapan dan pembelian suara dalam pemilihan Rusia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 dan Qatar sebagai tuan rumah untuk 2022. Beberapa anggota komite eksekutif FIFA telah mengundurkan diri atau dilarang terlibat dalam aktivitas sepakbola untuk perilaku mereka dalam pemungutan suara untuk dua turnamen itu, yang keputusannya dilakukan pada tahun 2011.

Dan selain itu masih ada lagi tuduhan-tuduhan ketidakpantasan berasal dari investigasi media baru-baru ini, di mana para pejabat asosiasi sepakbola menawarkan suap untuk memenangkan mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia. Hampir semua investigasi media adalah tentang Qatar dan Piala Dunia 2022.

Penyelidikan FIFA dilakukan oleh mantan jaksa AS Michael Garcia, yang bukan anggota FIFA, dan dipekerjakan khusus untuk penelitian ini. Laporannya kemudian akan diserahkan kepada Hans-Joachim Eckhart, seorang hakim yang telah ditunjuk sebagai ketua komite etik independen untuk hal ini.

Garcia dapat memilih rekomendasi tindakan dalam laporannya, mulai dari tidak melakukan apa-apa, denda dan hukuman atau bahkan pembatalan Rusia atau Qatar dari posisi tuan rumah Piala Dunia. Tapi sebagaimana sisa laporan lainnya, hal itu tidak akan dipublikasikan.

Satu-satunya hal yang akan diumumkan adalah keputusan akhir, namun itu masih menunggu sampai Agustus atau September 2014 dan dapat berkisar dari tidak melakukan apa-apa, sampai menunjuk tuan rumah baru untuk Piala Dunia 2018 dan 2022.