Sungguh Keterlaluan Sikap FIFA Terhadap Turnamen Ini

Tahun 2015 akan ditandai dengan satu turnamen badan sepakbola dunia (FIFA) yang melibatkan berbagai tim nasional dari seluruh dunia, yakni Piala Dunia Wanita 2015 di Kanada. Namun apa yang dikecam oleh berbagai kalangan adalah kualitas turnamen tersebut. Sungguh keterlaluan sikap FIFA terhadap turnamen ini. FIFA ternyata mengizinkan panitia untuk penggunaan rumput imitasi bagi turnamen kelas dunia […]

Internasional Piala Dunia  - Sungguh Keterlaluan Sikap FIFA Terhadap Turnamen Ini
Tahun 2015 akan ditandai dengan satu turnamen badan sepakbola dunia (FIFA) yang melibatkan berbagai tim nasional dari seluruh dunia, yakni Piala Dunia Wanita 2015 di Kanada. Namun apa yang dikecam oleh berbagai kalangan adalah kualitas turnamen tersebut. Sungguh keterlaluan sikap FIFA terhadap turnamen ini.

FIFA ternyata mengizinkan panitia untuk penggunaan rumput imitasi bagi turnamen kelas dunia itu. Itu sama sekali bukan keputusan yang populer.

Media Inggris, BBC, melaporkan bahwa setidaknya 40 pemain dari berbagai tim telah mengancam akan mengambil tindakan hukum dan menandatangani petisi jika kompetisi pertandingan 2015 ini tidak dimainkan di lapangan rumput biasa.

Mantan kapten timnas wanita Inggris, Faye White telah mengatakan kepada BBC: “FIFA tidak akan pernah bermimpi menjamu turnamen Piala Dunia pria di lapangan imitasi, jadi mengapa perempuan (boleh)?”

Faye White mempertanyakan apakah pemain sepakbola perempuan itu digunakan sebagai “semacam kelinci percobaan.”

Petisi terhadap pertandingan di 2015 yang dimainkan di lapangan imitasi itu telah ditandatangani oleh sejumlah pemain Inggris: Natasha Dowie dan Anita Asante, serta Faye White sendiri.

Abby Wambach dan Nadine Angerer, yang berasal dari Amerika Serikat dan Jerman –yang masing-masing adalah pemain terbaik FIFA tahun 2012 dan 2013, juga telah menunjukkan oposisi mereka dengan menandatangani petisi menentang keputusan tersebut.

Sebuah surat gugatan hukum telah dikirim ke penyelenggara turnamen di Kanada dan badan FIFA.

BBC melaporkan surat itu antara lain mengatakan, “Memberlakukan secara berbeda turnamen untuk perempuan ini dengan perlakuan di bawah standar adalah kesalahan yang dapat dan harus diperbaiki.”

White, yang pensiun dari bermain untuk timnas Inggris pada tahun 2012 setelah membuat 90 penampilan, mengatakan: “Jenis lapangan ini memperlambat permainan, memantulkan bola secara berbeda dan menyebabkan lebih banyak cedera akibat kecelakaan.”