Tahukah Anda, Pep Guardiola Pernah Dituduh Gunakan Doping

  Pada tanggal 4 November 2001 mungkin adalah momen yang tidak akan pernah dilupakan oleh Pelatih Bayern Muenchen, Pep Guardiola. […]

Pep Guardiola
Pep Guardiola

 

Pada tanggal 4 November 2001 mungkin adalah momen yang tidak akan pernah dilupakan oleh Pelatih Bayern Muenchen, Pep Guardiola. Pada tanggal tersebut, Guardiola dinyatakan sah  terbukti menggunakan doping di ajang liga Italia Serie A.

Setelah sebelumnya Guardiola bermain untuk Barcelona, ia kemudian hengkang untuk mengadu nasib dengan bermain di Serie A dan bergabung dengan Brescia. Baru beberapa bulan bermain di Italia, sebuah pengalaman tak mengenakkan menimpanya. Guardiola terbukti positif menggunakan steroid nandrolone, tuduhan ini dilontarkan usai Brescia menuai kekalahan 0-5 dari Lazio.

Akibat tes yang hasilnya positif ini, Guardiola dikenai larangan bermain selama empat bulan. Ia tetep kukuh  mengaku tak menggunakan doping. Tak hanya Pep, beberapa pemain lain juga terbukti menggunakan doping. Rupanya hasil positif ini muncul karena mereka  mengonsumsi suplemen penambah nutrisi.

Pep kemudian meninggalkan Serie A dan menjalani karier di bergabung klub Qatar, Al Ahli, dan tim Meksiko, Dorados. Pada 2007 Pep bebas dari tuduhan oleh badan sepak bola Italia tetapi harus membuktikan tidak bersalah bila otoritas anti-doping Italia membuka kembali kasus tersebut. Pada 2009, Guardiola akhirnya benar-benar terbebas dari semua tuduhan.

Sepakbola.cc