Bundesliga Liga Italia Liga Jerman Sepak Bola suporter gila

 

Inilah daftar klub dengan fans atau pendukung paling gokil, paling cantik, dan paling ganas. Tahukah kamu fans mana dikenal yang suka menusuk suporter lawan dengan pisau belati?

Kita mulai dari yang paling cantik: Saint Pauli di wilayah kota Hamburg, Jerman. Inilah klub dengan suporter yang agak kekiri-kirian. Istilah ‘kiri’ banyak digunakan di era tahun 1980-an untuk menggambarkan fans yang membela macam-macam kebebasan (termasuk kebebasan seks), anti perang, berslogan ‘no war make love ajah’, anti sama deskriminasi, anti juga sama yang suka ngucap ‘maho-maho’ sembarangan.

Nyentriklah intinya. Mau beda sendiri. Lambang fansnya saja pakai simbol tengkorak. Mantan presiden klub Cornly Littmann adalah seorang pekerja teater dan secara terbuka mengakui dirinya gay.

Bundesliga Liga Italia Liga Jerman Sepak Bola suporter gila

Mungkin karena nyentrik dan paling beda itulah banyak cewek yang bergabung di sini. Jadilah mereka fans dengan kelompok perempuan terbanyak. Mereka karena kekiri-kirian tadi juga suka demo, menolak kapitalisme, meminta kenaikan gaji buruh, dan begitulah, isu-isu semacamnya.

Namun nasibnya di liga agak sial. Pernah masuk Bundesliga, liga terelit di Jerman, namun kemudian tergusur dan kini main di liga nomor 2, Bundesliga 2.

BACA JUGA  Hasil Chievo vs Pescara, 26 Februari 2017

Klub dengan suporter paling kompak adalah Olympique de Marseille atau suka disingkat OM di Liga Prancis. Jika mereka tampil di kandang, apalagi untuk laga penting

seperti Champions atau kala menghadapi musuh bebuyutan, Paris Saint-Germain (PSG) maka atmosfernya dikisahkan sangat luar biasa. Barisan fans bisa dengan kompak bernyanyi, bersorak bareng.

Suporter terganas ada di Napoli, Italia. Jangan coba-coba melintas sendirian dengan jersey lawannya. Bisa habis dikejar dan ditusuk. Fans Napoli terkenal sebagai suporter paling kejam di Italia. Mereka bahkan dikenal sebagai fans bola pertama yang berani menyalakan petasan di dalam stadion. Jika Napoli bertindak sebagai tuan rumah di sebuah kejuaraan Eropa, nah itulah saat mereka paling ganas terhadap siapa pun yang tidak mendukung Napoli. Lihat saja gambarnya di paling atas. Cukup menakutkan.

Fans yang mengklaim dirinya terkait dengan Yahudi adalah Ajax Belanda. Klub ini boleh menjadi rumah bagi sistem permainan total football, tapi entah kenapa suporternya suka sekali menyamakan dirinya dengan Israel. Kalau Ajax lagi merumput, kita bisa lihat bendera Israel dikibar-kibarkan fans. Kelompok paling ekstrim dari fans Ajax suka menyebut diri mereka ‘Yahudi’. Tentu saja mereka menjadi sasaran ejekan oleh fans klub lain yang kekanan-kananan, yakni yang benci Yahudi, benci Israel, mengejek orang hitam sebagai monyet, dan seterusnya.

BACA JUGA  Pemain Buangan Manchester United Ini Sudah Mulai Sombong

Suporter yang anggotanya terlibat dalam perang, ya siapa lagi kalau dua klub bola di Red Star Belgrade dan Dinamo Zagreb. Red Star mewakili nasionalisme Serbia, sementara Zagreb dihuni pecinta Kroasia. Konon, perang saudara di semenanjung Balkan dipicu oleh kerusuhan yang melibatkan kubu suporter kedua tim. Banyak fans Red Star yang tergabung dalam Arkan’s Tiger, kelompok paramiliter yang membantai banyak orang Kroasia saat terjadinya perang saudara.

Bundesliga Liga Italia Liga Jerman Sepak Bola suporter gila

Fans yang suka menyanyikan lagu-lagu penuh ancaman pembunuhan, ancaman penganiayaan adalah Legia Warsawa. Inilah jenis fans yang tidak ingin kamu jumpai saat berjalan sendirian di tengah kota dan pakai baju beda sendiri dibandingkan mereka. Fans asal Polandia, dan juga kebanyakan negara Eropa Timur, umumnya membenci orang asing, entah hitam atau kulit berwarna seperti kita.

 

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR