Berita Bola - Tanggapan Van Gaal Terhadap Kosta Rika -

 

Kosta Rika dapat satu tempat di babak perempat final Piala Dunia. Tim Kuda Hitam itu ditakdirkan menghadapi Belanda di babak 8 besar. Louis van Gaal, pelatih Belanda, kini ikut tanggapi calon lawan berikutnya.

Ya, Louis van Gaal menyebut, laga versus Kosta Rika menjadi ujian berat Robin van Persie dan kawan-kawan di Arena Fonta Nova, Salvador, Sabtu (05/07/2014).

Kini kian sedikit yang memprediksi, Kosta Rika akan melenggang jauh ke fase knock-out. Kosta Rika tampil sebagai juara grup D. Tim asuhan Jorge Luis Pinto itu sukses menyingkirkan dua raksasa Eropa, Italia dan Inggris dari fase grup.  Bahkan, Kosta Rika mampu mengalahkan tim kuat Italia dengan skor 1-0 di pertandingan kedua babak penyisihan grup.

Opta merilis, pertama kali dalam sejarah Piala Dunia, semua juara di babak penyisihan grup menapaki fase perempat final.

Sebelumnya di perdelapan final, Kosta Rika mengalahkan Yunani dengan skor 5-3 melalui drama adu penalti setelah kedua kubu bermain imbang 1-1 di waktu normal hingga extra-time.

Namun, Van Gaal tak mau memandang sebelah mata kekuatan Kosta Rika. Dia menganggap, Kosta Rika bisa menjegal mimpi Tim Oranye melenggang lebih jauh ke Piala Dunia. Di mata Van Gaal, Kosta Rika tim sederhana yang berbahaya.

“Kosta Rika tim dengan pemain sederhana. Namun kami juga memiliki semangat luar biasa, dengan suasana yang kondusif di dalam dan luar lapangan, kami bisa terus mengarah pada kemenangan. Kosta Rika akan menjadi lawan sulit,” ujar Van Gaal sesuai rilis Super Sport.

Menurut Van Gaal, sedikit yang memprediksi, Belanda akan melaju jauh hingga perempat final. Terlebih, Belanda tergabung bersama Spanyol di fase penyisihan grup. Namun Van Gaal membuktikan, mampu menghapus keraguan itu.

Bahkan, Belanda mampu menyapu bersih tiga kemenangan di babak penyisihan grup sekaligus membantai Spanyol dengan skor 5-1.

“Media Belanda berpikir kami akan tersingkir di babak penyisihan grup. Namun bagaimana kami tiba-tiba menjadi tim favorit, kami tidak pernah tahu,” pungkasnya.