‘Tidak, Kami Tak Berniat Pergi,’ Kata Pemilik Manchester United

Lima anak lelaki dan satu perempuan dari kluarga Glazer tidak memiliki rencana untuk menjual Manchester United dalam waktu dekat. Bahkan para pemilik klub, warga negara Amerika yang kontroversial itu, bertekad untuk tetap jadi pemilik selama setidaknya lima tahun ke depan. Berita itu merupakan sebuah pukulan untuk para pendukung klub yang tidak puas terahadap model bisnis keluarga itu, yang menyebabkan utang […]

Internasional Liga Inggris  - 'Tidak, Kami Tak Berniat Pergi,' Kata Pemilik Manchester United
Lima anak lelaki dan satu perempuan dari kluarga Glazer tidak memiliki rencana untuk menjual Manchester United dalam waktu dekat. Bahkan para pemilik klub, warga negara Amerika yang kontroversial itu, bertekad untuk tetap jadi pemilik selama setidaknya lima tahun ke depan.

Berita itu merupakan sebuah pukulan untuk para pendukung klub yang tidak puas terahadap model bisnis keluarga itu, yang menyebabkan utang klub meroket ke angka sekitar 700 juta pound (Rp 13,6 Trilyun) ketika Malcolm Glazer membelinya pada tahun 2005.

Kemarahan fans makin besar saja terhadap keluarga enam bersaudara yang kini menguasai Man United itu –setelah kematian ayah mereka pada bulan Mei 2014– setelah MU secara mengejutkan kalah 1-2 vs Swansea City di Old Trafford. Itu adalah pertama kalinya Manchester United kehilangan laga pembukaan musim di era Premier League, dan pertandingan kompetitif pertama Louis van Gaal.

Ini mendorong beberapa penggemar menyalahkan pemilik untuk kurangnya kegiatan transfer sejak Juni lalu, ketika Luke Shaw dan Ander Herrera dibeli dengan harga gabungan 56 juta pound (Rp 1,1 Trilyun), dan melampiaskan kemarahan mereka di Twitter.

Hashtag #Glazersout digunakan lebih dari 100.000 kali menurut Topsy, sebuah aggregator Twitter, dan sudah ada rencana tentatif untuk memprotes keluarga Glazer di pertandingan kandang berikutnya melawan Queens Park Rangers pada 14 September.

Internasional Liga Inggris  - 'Tidak, Kami Tak Berniat Pergi,' Kata Pemilik Manchester United

Menurut sumber-sumber kelas atas di Old Trafford, Keluarga Glazer berniat mengawinkan kesuksesan beberapa tahun terakhir di lapangan dengan perluasan pengaruh globalnya. Bahkan sekalipun musim sebelumnya berakhir tanpa trofi di bawah manager David Moyes, pemilik memiliki visi jangka panjang untuk Man United.

Musim panas lalu klub akhirnya memulai akun Twitter sendiri, yang kini memiliki lebih dari tiga juta pengikut, sementara halaman Facebook United mendulang sukses yang sama, berhasil menarik lebih dari 55 juta “Like”. Secara total, departemen komersial mengatakan Amerika memiliki jumlah penggemar di seluruh dunia di angka 690 juta.

The Glazers percaya peningkatan jumlah sponsor, yang saat ini berada di angka 35 secara global, ditambah beberapa penawaran bernilai tinggi baru-baru ini akan terus berlanjut.

Meskipun Amerika tidak berada di Liga Champions untuk pertama kalinya sejak tahun 1995 klub ini masih mampu mengamankan kontrak seragam senilai 750 juta pound bersama Adidas pada bulan Juli 2014 yang akan dimulai musim depan.

Lokasi latihan Carrington telah diubah namanya menjadi AON  Training Base dalam kesepakatan hak penamaan yang ditandatangani pada tahun 2013 senilai 180 juta pound, sementara perjanjian blue chip lainnya termasuk 47 juta pound per tahun yang dibayarkan oleh Chevrolet sebagai sponsor jersey.

Meskipun membuktikan pemilik tidak populer Manchester United telah mengalami era paling sukses sejak orang-orang Amerika itu mengambil alih. Sejak tahun 2006 sudah lima gelar liga, satu gelar Liga Champions dan tiga Piala Liga dimenangkan, dengan Man United juga mencapai dua final Piala Eropa.

Utang juga secara bertahap berkurang, meskipun masih tetap pada tingkat sekitar 295 juta pound (Rp 5,7 Trilyun), menurut angka terbaru yang tersedia.