Tiga Tim Dihukum Denda Ratusan Juta Oleh UEFA

4

Kabar terbaru ini menyangkut tiga tim Eropa yang terlibat dalam playoff Liga Champions bulan Agustus lalu. Fans dari dua klub di antaranya dipergoki mempraktekkan teriakan-teriakan dan poster-poster rasis. Badan sepakbola Eropa, UEFA, menjatuhkan hukuman berat sampai ratusan juta rupiah untuk dua klub ini, serta hukuman tambahan berupa penutupan seluruh dan sebagian stadion di laga Champions berikutnya. UEFA menjatuhkan […]

Tiga Tim Dihukum Denda Ratusan Juta Oleh UEFA - berita Internasional Liga Champions

Kabar terbaru ini menyangkut tiga tim Eropa yang terlibat dalam playoff Liga Champions bulan Agustus lalu.

Fans dari dua klub di antaranya dipergoki mempraktekkan teriakan-teriakan dan poster-poster rasis.

Badan sepakbola Eropa, UEFA, menjatuhkan hukuman berat sampai ratusan juta rupiah untuk dua klub ini, serta hukuman tambahan berupa penutupan seluruh dan sebagian stadion di laga Champions berikutnya.

UEFA menjatuhkan denda kepada Steaua Bucharest dan Ludogorets untuk perilaku rasis dari fans mereka selama playoff Liga Champions tanggal 27 Agustus 2014 lalu.

Kedua belah pihak bertemu di leg kedua di Bulgaria, pertandingan yang sebagian besar akan diingat untuk aksi heroik bek Ludogorets Cosmin Moti, yang mencetak gol dan sekaligus bertindak sebagai penjaga gawang pengganti serta melakukan penyelamatan dua tendangan lawan selama adu penalti yang menentukan.

UEFA mengungkapkan bahwa kedua kelompok pendukung bertindak buruk selama pertemuan itu dan telah dijatuhi sanksi.

Ludogorets telah diperintahkan untuk menutup sebagian dari stadion mereka untuk pertandingan level Eropa di kandang mereka berikutnya, sementara Steaua harus bermain tanpa penonton dan telah didenda Rp 764 juta.

Sebuah pernyataan UEFA menyebutkan, “Badan Kontrol, Etika dan Disiplin UEFA telah memerintahkan Steaua untuk memainkan pertandingan kompetisi UEFA berikutnya UEFA tuan rumah di balik pintu tertutup dan telah mendenda klub Rumania itu € 50.000 untuk perilaku rasis dari para pendukung mereka.”

“Selain itu, Steaua juga telah didenda € 10.000 [Rp 152 juta]  untuk penyalaan kembang api dan melempar benda-benda ke lapangan dan € 4.500 [Rp 69 juta] untuk perilaku tim yang tidak pantas.”

“Badan Kontrol, Etika dan Disiplin UEFA telah memerintahkan penutupan sebagian stadion Ludogorets selama satu pertandingan kompetisi UEFA berikutnya yang akan mereka mainkan sebagai tuan rumah, dan secara khusus sektor A stadion tersebut. Klub Bulgaria itu juga telah didenda € 6.000 [Rp 92 juta] untuk perilaku tim yang tidak pantas, € 5000 [Rp 76 juta] untuk pengaturan laga  yang tidak memadai dan € 5.000 [Rp 76 juta] untuk penonton yang memasuki lapangan.”

Selain dua klub di atas, klub Polandia Legia Warsaw juga telah mendatangkan kemarahan dari pihak UEFA, karena fans mereka membentangkan banner raksasa di stadion yang berbunyi “Because football doesn’t matter. Money does!” (bukan masalah sepak bola, tapi uang). Banner itu membuat Legia Warsaw dijatuhi denda Rp 1,2 Milyar.

Penggemar Legia telah kecewa dengan keputusan UEFA untuk menendang mereka keluar dari Liga Champions karena menurunkan pemain cadangan yang tidak memenuhi syarat dalam kemenangan agregat 6-1 vs Celtic.