Tim Dengan Rata-rata Usia Termuda di Piala Dunia 2014

10

  Usia puncak pemain bola biasanya terjadi antara 23-29 tahun. Di atas 30 tahun, klub biasanya memberlakukan pembatasan kontrak pemain karena dianggap terlalu ngos-ngosan untuk bisa bermain bola secara benar. Di bawah 23 tahun dianggap terlalu muda dan tidak berpengalaman. Manakah tim di Piala Dunia 2014 yang memiliki usia rata-rata pemain mendekati 30? Dan mana […]

Tim Dengan Rata-rata Usia Termuda di Piala Dunia 2014 - berita Internasional Piala Dunia

 

Usia puncak pemain bola biasanya terjadi antara 23-29 tahun. Di atas 30 tahun, klub biasanya memberlakukan pembatasan kontrak pemain karena dianggap terlalu ngos-ngosan untuk bisa bermain bola secara benar.

Di bawah 23 tahun dianggap terlalu muda dan tidak berpengalaman. Manakah tim di Piala Dunia 2014 yang memiliki usia rata-rata pemain mendekati 30? Dan mana yang usia rata-rata skudanya mendekati 20 tahun?

Ini dia daftarnya:

 

Martín Demechelis, Hugo Campagnaro dan Maxi Rodríguez masing-masing berusia 33 tahun dan mereka bermain untuk Argentina. Keberadaan mereka menyebabkan rata-rata usia prajurit tim Tango menjadi 28.5 tahun, yang tertinggi di antara tim lain. Yang termuda adalah Ghana dengan rata-rata usia pemain 24,9 tahun. Michael Essien dari AC Milan adalah yang tertua.

Pemain tertua dari seluruh tim: Faryd Mondragon (Kiper), Kolombia – 43

Termuda dari seluruh tim: Fabrice Olinga (Pemain depan), Kamerun –18

Rata-rata usia pemain di Piala Dunia – 26.9

Dalam sejarah Piala Dunia, usia termuda pemain yang pernah ikut berpartisipasi adalah Norman Whiteside dari Irlandia Utara, yakni pada usia 17 tahun lebih 1 bulan dan 10 hari. Ia turun di Piala Dunia 1982.

Kenal Samuel Eto’o? Yang saat ini sedang perang mulut dengan Jose Mourinho karena dianggap oleh sang pelatih sudah kelewat tua? Nah, dia itu pemain kedua termuda yang pernah turun main di Piala Dunia, yakni turnamen tahun 1998, pada usia 17 tahun lebih 3 bulan dan 7 hari. Sampai hari ini ia sudah turun dalam 4 kali Piala Dunia, rekor yang termasuk mengesankan. Sayang saja pada tahun 2006 Kamerun tidak lolos kualifikasi. Kalau tidak, ia sudah tercatat 5 kali main di Piala Dunia. Hanya ada sangat sedikit pemain yang bisa mengikuti 5 kali Piala Dunia.

Tertua yang pernah main? Roger Milla pada usia 42 tahun 1 bulan dan 8 hari. Ia juga tercatat sebagai pemain tertua yang pernah mencetak gol dalam sejarah turnamen. Di antara deretan pemain tertua, terdapat nama Peter Shilton, kiper Inggris yang dipecundangi Maradona pada insiden “Tangan Tuhan” 1986. Ia main sampai usia 40 tahun 9 bulan. Juga ada nama kiper Italia Dino Zoff, 40 tahun 4 bulan.

Senioritas usia agaknya dibutuhkan oleh para penjaga gawang untuk menebak arah pergerakan penyerang lawan dan trik yang mereka gunakan.