Tim Ghana Minta Panjar Hadiah Piala Dunia 2014

26

Normalnya, hadiah-hadiah uang hasil kejuaraan Piala Dunia akan ditransferkan setelah turnamen usai. Namun timnas Ghana yang kekurangan duit sudah lebih dulu minta panjar atau sebagian dari uang hadiah mereka dibayarkan di depan. Kabar ini sebenarnya sudah beredar akhir Juni lalu. Asosiasi sepak bola Ghana yang tengah kekurangan uang telah meminta kepada FIFA uang muka dari hadiah 8 juta […]

Internasional Piala Dunia  - Tim Ghana Minta Panjar Hadiah Piala Dunia 2014Normalnya, hadiah-hadiah uang hasil kejuaraan Piala Dunia akan ditransferkan setelah turnamen usai. Namun timnas Ghana yang kekurangan duit sudah lebih dulu minta panjar atau sebagian dari uang hadiah mereka dibayarkan di depan.

Kabar ini sebenarnya sudah beredar akhir Juni lalu. Asosiasi sepak bola Ghana yang tengah kekurangan uang telah meminta kepada FIFA uang muka dari hadiah 8 juta US Dollar untuk membayar utang kepada pemain.

Setiap tim yang tersingkir dari penyisihan grup akan mendapatkan 8 juta US Dollar, setara Rp 92,6 milyar.

FIFA waktu itu mengatakan bahwa permintaan Ghana “sedang dievaluasi.”  Tak ada kabar lanjutan apakah uang panjar itu disetujui untuk diberikan kepada tim dalam bentuk kontan.

Pernyataan FIFA tampaknya bertentangan dengan keterangan wakil menteri olahraga Ghana, yang mengatakan bahwa uang 3 juta US Dollar secara tunai akan diterbangkan ke Brasil untuk akhirnya membayar bonus kepada para pemain agar mereka bahagia dan mencegah para pemain mogok.

Di antara jajaran pemain Ghana terdapat beberapa nama yang bermain di klub-klub elit Eropa, seperti Asamoah Gyan, Kevin-Prince Boateng, Sulley Muntari, dan Michael Essien.

Tidak jelas bagaimana Ghana akan membawa sejumlah besar uang tunai ke negara itu tanpa menyatakan hal itu kepada otoritas keuangan setempat serta membayar pajak atasnya sesuai dengan hukum Brasil.

Para pemain Ghana sempat mogok bermain di laga penyisihan grup dan meminta bonus mereka dibayar sesegera mungkin sebelum laga vs Portugal dimulai. Pertandingan itu sendiri berakhir 2-1 untuk Portugal, namun keduanya sama-sama pulang awal dari turnamen.

Hadiah uang Piala Dunia berkisar dari Rp 92,6 milyar untuk mereka yang tersingkir di babak penyisihan grup sampai sebesar Rp 405,5 milyar untuk peraih juara satu.

Bonus penampilan berkisar 75.000 sampai 100.000 US Dollar per laga per pemain. Jadi berkisar Rp 868 juta sampai Rp 1,1 milyar per laga per pemain.

Kabar ini muncul ke permukaan bersamaan dengan berita ada sejumlah warga Ghana yang jadi penonton Piala Dunia menolak pulang dan memilih tinggal di Brasil untuk mencari uang di sana.