Turki Melamar Jadi Tuan Rumah Euro 2024

37

Sepakbola – Turki Football Federation (TFF) telah mengkonfirmasi akan mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah Euro 2024.

Internasional  - Turki Melamar Jadi Tuan Rumah Euro 2024

Gilabola.com – Turki Football Federation (TFF) telah mengkonfirmasi akan mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah Euro 2024.

Turki sempat ikut menjadi kandidat tuan rumah untuk Euro 2008, 2012 dan 2016, sementara pada tahun 2014 mereka menarik tawaran untuk menjadi tuan rumah pertandingan tahap akhir di Euro 2020 di bawah model yang akan melihat edisi berikutnya dari turnamen yang diselenggarakan di kota-kota besar di seluruh Eropa.

Namun demikian, TFF akan memasuki perlombaan sekali lagi, didukung oleh upaya berkelanjutan dalam pembangunan stadion di negara itu selama beberapa tahun terakhir.

“Pada kesempatan ini kami yakin bahwa sebagai pengurus dan negara kami cukup pantas mendapatkannya,” kata Presiden TFF Yildirim Demiroren pada konferensi pers. “Turki adalah satu-satunya contoh negara di Eropa atau bahkan dunia yang telah membuat sebanyak 32 investasi stadion dalam beberapa tahun terakhir.”

Tawaran ini mendapat dukungan dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan akan diserahkan kepada UEFA pada tanggal 2 Maret mendatang, sehari menjelang batas waktu ketersediaan.

Badan sepak bola Eropa akan mengumumkan daftar penuh dari peserta lelang pada 10 Maret, dengan Jerman masuk dan dianggap sebagai favorit yang dipertimbangkan, sementara tawaran Skandinavia bisa menjadi hambatan.

Tapi, kekhawatiran atas masalah keamanan dapat menghambat upaya Turki. Pada bulan Desember lalu, 38 orang tewas dan 166 terluka dalam dua serangan teror dekat dengan basis stadion klub Besiktas, Vodafone Arena.

Pemboman terjadi sekitar 90 menit setelah klub Istanbul mengalahkan Bursaspor dengan skor 2-1 di kandang dalam pertandingan Lig Super.