UEFA Izinkan Wasit Hentikan Laga Selama 3 Menit

9

Satu aturan baru dikeluarkan oleh badan sepakbola Eropa (UEFA), yang mengizinkan wasit untuk menghentikan laga selama tiga menit maksimal. Prosedur baru ini terkait dengan kasus-kasus pingsan sesaat yang didapat pada saat terjadi benturan atau hantaman hebat di kepala para pemain. Dengan jendela waktu tiga menit maka dokter bisa memeriksa situasi apakah sudah terjadi kasus gegar otak, […]

Internasional Liga Champions Liga Europa Liga Inggris Liga Jerman  - UEFA Izinkan Wasit Hentikan Laga Selama 3 Menit
Satu aturan baru dikeluarkan oleh badan sepakbola Eropa (UEFA), yang mengizinkan wasit untuk menghentikan laga selama tiga menit maksimal. Prosedur baru ini terkait dengan kasus-kasus pingsan sesaat yang didapat pada saat terjadi benturan atau hantaman hebat di kepala para pemain.

Dengan jendela waktu tiga menit maka dokter bisa memeriksa situasi apakah sudah terjadi kasus gegar otak, dan apa tindakan medis selanjutnya.

Ketua komite medis FIFA Michel D’Hooghe kini tengah mencari persetujuan dari komite eksekutif UEFA untuk aturan baru yang melebihi prosedur bimbingan medis yang ada saat ini.

Sekretaris Jenderal UEFA Gianni Infantino mengatakan prosedur baru itu akan mulai berlaku segera di semua kompetisi di bawah badan sepakbola Eropa.

Infantino mengatakan setelah pertandingan dihentikan, pemain “hanya akan diizinkan untuk terus bermain dengan konfirmasi dari dokter tim bahwa pemain sepenuhnya sehat untuk terus melakukannya.”

D’Hooghe mengatakan pekan lalu bahwa kasus gegar otak terjadi rata-rata sekali dalam setiap 20 pertandingan.

Klub telah memicu kontroversi dengan tetap memungkinkan pemain untuk tetap berada di lapangan setelah terjadinya gegar otak.

Terakhir pada musim lalu kiper Spurs Hugo Lloris tetap berada di lapangan meskipun sempat pingsan beberapa saat setelah benturan dengan striker Everton Romelu Lukaku. Kecaman ditujukan ke manajer Andre Villas Boas yang tidak menarik keluar pemain yang bersangkutan.