Ujicoba Piala Eropa 2012: Belanda bangkit

12

Setelah dua kali kalah dalam laga ujicoba sebelumnya, melawan Bayern Munich dan Bulgaria, Belanda bangkit dan meraih kemenangan 2-0ch melawan Slovakia, Kamis (31/5/2012) dinihari WIB di Stadion Feijenoord, Rotterdam. Anak didik Bert Van Marwijk tak lagi melakukan kesalahan seperti di ujicoba terdahulu. Mereka mampu mengontrol pertandingan sejak awal. Serangan yang dibangun Belanda membuat pertahanan Slovakia […]

Setelah dua kali kalah dalam laga ujicoba sebelumnya, melawan Bayern Munich dan Bulgaria, Belanda bangkit dan meraih kemenangan 2-0ch melawan Slovakia, Kamis (31/5/2012) dinihari WIB di Stadion Feijenoord, Rotterdam.

Anak didik Bert Van Marwijk tak lagi melakukan kesalahan seperti di ujicoba terdahulu. Mereka mampu mengontrol pertandingan sejak awal. Serangan yang dibangun Belanda membuat pertahanan Slovakia tergopoh-gopoh. Malah, pada menit ke-8, Salata melakukan gol bunuh diri. Dia ingin membuang tendangan mendatar dari Ibrahim Afellay tetapi malah merobek jala sendiri.

Setelah kecolongan, Slovakia mulai membangun serangan. Walau tak banyak, mereka sempat memiliki berbagai peluang. Walau sampai akhir babak pertama, tak satu pun peluang dari kedua tim yang diubah menjadi gol. Kedudukan 1-0 untuk Belanda bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Belanda menambah keunggulan melalui gol pemain pengganti, Rafael van der Vaart. Pemain Tottenham ini masuk pada menit ke-51 menggantikan Wesley Sneijder. Dia membobol gawang Slovakia melalui tendangan bebas yang diberikan wasit karena Vaart dilanggar Marek Cech.

Kemenangan ini membuat Belanda makin pede menghadapi Piala Eropa 2012, di mana mereka berada di grup maut bersama Jerman, Portugal, dan Denmark.