Video Aksi Penyelamatan Terbaik di Dunia

  Berikut ini adalah daftar kiper yang dinilai sebagai terbaik di dunia. Sebagian dari mereka muncul pada video di bagian bawah, memperlihatkan aksi-aksi kiper terbaik dunia dalam menyelamatkan gawangnya. BACA JUGA: Hasil Barito Putera vs Persipura Jayapura, Liga Indonesia 21/9/2017 Burnley Kedatangan Eks Kiper Manchester United FIFA Selidiki Chelsea dan Manchester City Terkait Pemain Muda […]

Internasional Xtra Time  - Video Aksi Penyelamatan Terbaik di Dunia

 

Berikut ini adalah daftar kiper yang dinilai sebagai terbaik di dunia. Sebagian dari mereka muncul pada video di bagian bawah, memperlihatkan aksi-aksi kiper terbaik dunia dalam menyelamatkan gawangnya.

  1. Lev Yashin dianggap sebagai kiper terbesar yang pernah ada. Pemain timnas Soviet itu menyelamatkan 150 tendangan penalti selama karirnya dan merupakan satu-satunya kiper yang pernah menerima penghargaan pemain terbaik Eropa. Dia bisa menjaga rekor 500 clean sheet dari 812 pertandingan, angka yang sangat menakjubkan.
  2. Gordon Banks memenangkan Piala Dunia bersama Inggris tahun 1966, tetapi ia justru terkenal karena menyelamatkan salah satu sundulan legendaris pemain Brasil Pelé di Piala Dunia 1970, salah satu penyelamatan terbaik dalam sejarah. Pelé sendiri saat itu sudah berteriak “Gooool!” ketika Banks mengamankan bola dari sudut kanan gawang. Gagal deh golnya.
  3. Iker Casillas memenangkan Piala Dunia bersama Spanyol pada tahun 2010 dengan membuat dua kali penyelamatan penting di final saat berhadapan satu lawan satu melawan Arjen Robben. Dia juga memenangkan Piala Euro pada tahun 2008 dan 2012. Dia telah memenangkan penghargaan Kiper Terbaik IFFHS sebanyak empat kali. IFFHS adalah singkatan dari Federasi Internasional untuk Sejarah dan Statistika Sepakbola.
  4. Dino Zoff adalah pemain tertua yang pernah menjuarai Piala Dunia. Ia melakukan itu pada usia 40 bersama Italia pada tahun 1982. Zoff juga memegang rekor untuk waktu bermain terlama tanpa kebobolan gol dalam turnamen internasional (1142 menit).
  5. Peter Schmeichel adalah salah satu pemain kunci dari sukses Manchester United dari era 90-an. Dia membantu Denmark memenangkan Kejuaraan Eropa 1992 dengan beberapa kali membuat penyelamatan penting, dan terpilih sebagai Kiper Terbaik di Dunia pada tahun yang sama.
  6. Sepp Maier memainkan seluruh karirnya untuk Bayern Munich, di mana ia bermain bersama dengan Beckenbauer. Ia memenangkan tiga Piala Eropa berturut-turut bersama Bayern dan memenangkan Piala Dunia 1974 bersama Jerman.
  7. Peter Shilton bermain lebih dari 30 tahun sebagai seorang penjaga gawang. Ia turun dalam 125 pertandingan untuk Inggris. Dia adalah kiper Inggris ketika Maradona mencetak gol ‘tangan Tuhan’.
  8. Oliver Kahn memenangkan Piala Eropa bersama  Jerman pada tahun 1996 dan meraih Golden Ball untuk penampilannya di Piala Dunia 2002, di mana Jerman kalah di final melawan Brasil. Ia juga menjadi tiga kali merebut Kiper Terbaik dunia versi IFFHS.
  9. Gianluigi Buffon pernah tujuh kali merebut gelar kiper terbaik Serie A dan gelar empat kali kiper terbaik IFFHS. Ia memenangkan Piala Dunia 2006 bersama Italia dan dianugerahi kiper terbaik turnamen tersebut.
  10. Edwin van der Sar memenangkan Liga Champions bersama Ajax pada tahun 1995 dan melakukan hal yang sama 13 tahun kemudian bersama Manchester United pada 2008. Meskipun demikian,  ia adalah salah satu kiper terbesar yang tidak pernah memenangkan Piala Dunia atau Piala Euro.

Lihat sendiri videonya berikut ini: