Video: Hulk Beneran Handball Atau Wasit Ngaco?

  Di laga Brasil vs Chile ada satu adegan menit ke 53 atau 54, Hulk menerima sebuah bola umpan dari sisi kiri dalam, menahan sejenak lalu menjebloskan bola ke sisi kanan bawah gawang yang dijaga C. Bravo. GOOOOL! Seluruh stadion bersorak, Hulk merayakannya dengan berlutut dekat tiang sepak pojok, seluruh pemain cadangan dan ofisial Brasil […]

handball

 

Di laga Brasil vs Chile ada satu adegan menit ke 53 atau 54, Hulk menerima sebuah bola umpan dari sisi kiri dalam, menahan sejenak lalu menjebloskan bola ke sisi kanan bawah gawang yang dijaga C. Bravo. GOOOOL! Seluruh stadion bersorak, Hulk merayakannya dengan berlutut dekat tiang sepak pojok, seluruh pemain cadangan dan ofisial Brasil berangkulan gembira.

Sesaat kemudian semua tertegun. Wasit Howard Webb asal Inggris membatalkan gol itu dengan alasan Hulk terlebih dulu handball, atau menahan bola dengan tangannya, sebelum membuat gol. Wasit bahkan mendatangi Hulk dan memberikan kartu kuning untuk aksi ‘tangan Tuhan’ namun tidak jadi gol tersebut?

Hulk bereaksi dengan muka tidak percaya, marah-marah, dan memperlihatkan ekspresi bahwa itu dadanya, bukan tangannya yang menahan bola.

Benarkah Hulk handball? Atau wasit Webb berbuat kesalahan?

Lihat videonya berikut ini:

Kalau dari sudut ini tidak terlalu kelihatan handball. Lebih mirip bahu:

Menurut aturan FIFA, handball didefinisikan sebagai, “Mengendalikan bola dengan melibatkan tindakan yang disengaja dari pemain melakukan kontak dengan tangannya atau lengan. Wasit harus melihat fakta berikut dalam mempertimbangkan situasi: gerakan tangan ke arah bola (bukan bola ke arah tangan).”

Hulk dalam video itu terlihat menggerakkan lengannya ke arah dalam untuk mengontrol bola.

Sepakbola.cc