Video: Mendadak Jadi Kiper, Bek Ini Sukses Tepis 2 Penalti

  •   Video berikut bisa jadi sebagai yang sangat jarang terjadi dalam dunia sepakbola Internasional. Mendadak jadi seorang kiper, bek ini diluar dugaan sukses tepis bukan hanya satu, tapi dua tendangan penalti. Ya, Cosmin Moti, bek klub Ludogorets (Bulgaria) ini menjadi sorotan dunia ketika klubnya lolos ke babak penyisihan grup Liga Champions. Bagaimana tidak? Menjelang akhir […]

Internasional Liga Champions Xtra Time  - Video: Mendadak Jadi Kiper, Bek Ini Sukses Tepis 2 Penalti

 

Video berikut bisa jadi sebagai yang sangat jarang terjadi dalam dunia sepakbola Internasional. Mendadak jadi seorang kiper, bek ini diluar dugaan sukses tepis bukan hanya satu, tapi dua tendangan penalti.

Ya, Cosmin Moti, bek klub Ludogorets (Bulgaria) ini menjadi sorotan dunia ketika klubnya lolos ke babak penyisihan grup Liga Champions. Bagaimana tidak? Menjelang akhir pertandingan, ia terpaksa mendadak jadi kiper. Siapa sangka, Moti sanggup menepis dua tendangan algojo Steaua Bucharest dalam drama adu penalti!

Ludogorets awalnya bermain di leg kedua dengan bayang-bayang kekalahan 0-1 dari lawannya asal Rumania. Serangkaian kejadian dramatis membuat laga ini kemudian dikenang sebagai salah satu yang terbesar dalam sejarah klub kecil ini.

Kedudukan imbang 0-0 sempat bertahan hingga 89 menit. Steaua Bucharest bersiap lolos dari babak play-off. Ketika itulah pemain pengganti Wanderson yang baru masuk lima menit, menjebol gawang Steaua lewat tendangan voli.

Selanjutnya babak perpanjangan waktu dimulai karena agregat sama kuat 1-1. Benak pemain Ludogorets sempat menjadi mimpi buruk di menit 119. Ketika itu kiper tuan rumah, Stoyanov menerima kartu kuning kedua karena menjatuhkan Fernando Valera. Ludogorets masuk ke babak adu penalti tanpa penjaga gawang.

Di sinilah Cosmin Moti berperan dramatis. Sang bek memakai seragam kiper. Tugasnya jelas tidak mudah karena siapa pun terkesan mudah membobol penjaga gawang dadakan seperti dirinya.

Sebagai algojo pertama Ludogorets, Moti sukses membobol gawang lawan. Lalu momen emasnya datang. Ia mementahkan tendangan Paul Pirvulescu. Hal ini membuat kedudukan sama kuat karena sebelumnya Wanderson gagal.

Skor masih sama kuat hingga penendang penalti ketujuh. Di sinilah Moti sekali lagi menciptakan keajaiban langka. Ia berhasil menghalau tembakan Cornel Rapa. Ludogorets pun berangkat ke babak penyisihan grup yang penuh uang lewat kemenangan sensasional 6-5 dari sang tamu yang hanya bisa terbengong-bengong dengan aksi penyelamatan dirinya.