Mengapa Chelsea Ketemu Barcelona, PSG di 16 Besar? Begini Alasannya

Chelsea ditakdirkan bertemu salah satu tim kuat, seperti Barcelona atau PSG di babak 16 besar Liga Champions. Kamu tahu alasannya? Begini penjelasannya.

Dua pemain dari Chelsea dan Barcelona memperebutkan bola di ajang Liga Champions
Dua pemain dari Chelsea dan Barcelona memperebutkan bola di ajang Liga Champions

Chelsea cuma bisa finish di urutan kedua Grup C Liga Champions. Mereka ditahan imbang 1-1 oleh Atletico Madrid, Rabu dinihari WIB.

AS Roma menyalip mereka untuk posisi pertama grup karena klub ibukota Italia itu memiliki keunggulan poin head-to-head lawan Chelsea. Ingat bahwa dua kali mereka bertemu, sekali draw 3-3 di Stamford Bridge, sekali The Blues kalah 3-0 di Stadio Olimpico.

Jadi, meskipun Chelsea memiliki keunggulan selisih gol +8, dibandingkan Roma yang hanya +3 tapi aturan head-to-head yang diterapkan di Liga Champions memaksa The Blues mundur di bawah Giallorosi.

Dampaknya sungguh suram. Chelsea akan berhadapan dengan salah satu raksasa: Barcelona atau PSG di babak 16 besar. Bisa juga sih ketemu Besiktas yang rada lumayan mudah dibandingkan dua raksasa itu.

Penjelasannya begini. Runner-up grup macam Chelsea akan diundi bertemu juara-juara grup di babak 16 besar. Masalahnya, juara-juara grup lain sudah diisi oleh klub-klub asal Liga Inggris, padahal aturan menyebutkan, undian babak selanjutnya itu tak boleh mempertemukan tim dari asosiasi yang sama.

Lihat. Grup A puncaknya diisi Manchester United. Basel urutan dua. Grup E diisi Liverpool kemungkinan besar dan Sevilla di urutan kedua karena baru tanding Kamis dinihari WIB besok. Grup F dipuncaki Manchester City dan Shakhtar Donetsk di urutan kedua, kecuali Napoli membuat keajaiban besok. Grup H ada Tottenham Hotspur di puncak dan Real Madrid runner-up.

Jadi cuma tersisa Grup B Paris Saint-Germain di puncaknya dan Grup D Barcelona sebagai pemimpin klasemen. Ada Grup G dengan Besiktas sebagai pemuncak grup.

Sesuai aturan, tak mungkin Chelsea bertemu sesama tim Liga Inggris di babak 16 besar. Mereka juga tak diizinkan bertemu AS Roma karena sesama Grup C. Jadi ya sisanya cuma Barcelona, PSG, atau kalau mau yang mudah, Besiktas. Atau berdoa agar Sevilla berhasil menyalip Liverpool besok di Grup E.

Namun, pemain No 10 The Blues, Eden Hazard, sangat percaya diri soal lawan di babak berikutnya.

Dia mengatakan kepada BT Sport: “Ini bukan masalah, kami adalah Chelsea! Kami adalah tim papan atas, jadi kami bisa menghadapi tim manapun. Kami tahu PSG dan Barcelona sangat bagus, tapi kami Chelsea, jadi kami harus siap untuk semuanya. Kami bisa melakukan semuanya!”

Sepakbola.cc