Mesut Ozil Perkuat Arsenal di Pertandingan Liga Europa Perdana

Mesut Ozil tiba di Swedia dan siap bermain sebagai starter di kandang Ostersunds, dalam laga Liga Europa perdananya dalam delapan bulan terakhir, Jumat (16/2) dinihari nanti.
Mesut Ozil tiba di Swedia dan siap bermain sebagai starter di kandang Ostersunds, dalam laga Liga Europa perdananya dalam delapan bulan terakhir, Jumat (16/2) dinihari nanti.

Gilabola.com – Mesut Ozil akan bermain di pertandingan Liga Europa pertamanya dalam delapan tahun terakhir di Ostersunds, Jumat (16/2) dinihari WIB. Arsene Wenger mengaku dapat tekanan untuk menangkan kompetisi tier ke dua Eropa ini.

Saat ini, Arsenal terpaut delapan poin dari tim berperingkat empat Liga Premier, Chelsea. Wenger pun dituntut harus menangkan trofi Liga Europa agar the Gunners bisa kembali ke Liga Champions musim depan.

Karena itulah, Wenger tinggalkan kebijakannya untuk hanya mainkan tim lapis keduanya di ajang Liga Europa ini. Ia beralih pada para pemain papan atasnya meskipun hanya akan hadapi tim kecil asal Swedia, Ostersunds FC, Kamis malam waktu setempat atau Jumat (16/2) dinihari WIB.

Itu berarti, Ozil yang bisa kantongi gaji 350 ribu poundsterling (sekitar Rp6,6 miliar) per pekan akan bermain di kandang klub kecil yang terletak di kawasan sub-Arktik tersebut dan hanya di hadapan sekitar delapan ribu penonton.

Advertisement

Bintang asal Jerman tersebut selama ini lebih terbiasa untuk bermain di Liga Champions – tier pertama kompetisi Eropa, bahkan sejak ia menandatangani kontrak dengan Real Madrid.

Terakhir kali Ozil bermain di Liga Europa, adalah saat ia masih membela Werder Bremen, tepatnya pada Maret 2010. “Mesut ikut berangkat dan dia akan bermain sejak awal pertandingan, ini jadi pertandingan pertamanya (dalam delapan tahun terakhir) di kompetisi ini,” ujar Wenger.

“Tak masalah di peringkat berapa kami berada di liga (Premier League), kami mencoba untuk memenangkan Liga Europa. Tapi, sekarang memang ada tekanan untuk melangkah sejauh mungkin (di kompetisi ini),” tambahnya.

“Kami langsung berada di fase knock-out turnamen ini, dan risikonya lebih tinggi. Kami akan bertemu yang lebih berpengalaman dari sebelumnya. Kami tak punya pertandingan pada akhir pekan ini, dan penting untuk menjaga para pemain kami tetap pada level kompetitif,” ujar pelatih asal Prancis itu.

Selain Ozil, pemain baru Arsenal Henrikh Mkhitaryan juga akan jadi starter dalam laga melawan Ostersunds ini – yang liga lokalnya sudah selesai tiga bulan lalu.

Sayangnya, Arsenal tak akan diperkuat Aaron Ramsey, Jack Wilshere dan Laurent Koscielny yang seluruhnya ditinggal di London. Sementara Alexander Lacazette harus absen hingga April mendatang setelah ia jalani operasi lutut pada pekan ini.

“Kondisi Ramsey sangat sensitif, karena saya tidak berharap dia akan bermain terlalu cepat dalam proses pemulihan dari masalah pangkal pahanya. Dia juga belum tentu siap untuk pertandingan balasan melawan Ostersund pekan depan, dan saya tidak tahu apakah dia akan fit untuk final EFL Cup,” tandas Wenger..

“Sedangkan Koscielny, alami masalah Achilles dan saya ingin mengistirahatkan Wilshere, karena dia sempat sakit sebelum pertandingan melawan Spurs dan saya putuskan untuk meninggalkannya sebagai tindakan pencegahan (agar tak cedera/sakit lagi),” ujarnya.