Piala Afrika 2015: Pantai Gading Juara, Kiper Jadi Algojo Adu Penalti

Pantai Gading tampil sebagai juara turnamen sepakbola Piala Afrika 2015 setelah mengalahkan Ghana pada partai final di Estadio de Bata, Guinea Khatulistiwa, Minggu (8/2/2017).

Gabriel Jesus senang dengan prospek bekerja sama dengan Dani Alves di Manchester City, dan yakin Alves akan membantu memotivasi para pemain.

Pantai Gading tampil sebagai juara turnamen sepakbola Piala Afrika 2015 setelah mengalahkan Ghana pada partai final di Estadio de Bata, Guinea Khatulistiwa, Minggu (8/2/2017).

Kemenangan Pantai Gading ditentukan lewat drama adu penalti dengan hasil akhir 9-8. Adu penalti terjadi setelah kedua tim bermain imbang 0-0 hingga akhir babak perpanjangan waktu 2 kali 15 menit.

Dalam adu penalti ini, dua penendang pertama kedua tim sama-sama gagal dalam eksekusinya. Dua pemain yang gagal di kubu Pantai Gading adalah Wilfried Bony yang tendangannya melambung di atas mistar, sementara tendangan Tallo Gadji Celli pun melebar. Adapun di pihak Ghana, algojo yang gagal adalah Serge Aurier dan Doumbia.

Delapan algojo dari masing-masing kubu berikutnya berhasil dalam tugasnya sehingga kedudukan menjadi imbang 8-8. Setelah 10 pemain sudah menjalani tugasnya masing-masing, giliran kiper yang kebagian jadi algojo terakhir.

Kiper Ghana, Brimah, menjadi algojo ke-11 gagal melakukan penalti setelah bola tendangannya dapat ditangkap oleh kiper Pantai Gading, Boubacar Barry. Sebaliknya Barry, meski sempat mengalami kram kaki, sukses menjebol gawang Brimah, sekaligus memastikan kemenangan Pantai Gading 9-8 dalam adu penalti ini.

Susunan Pemain

Pantai Gading: Barry, Kolo Toure, Tiene, Gervinho, Bony, Gradel, Aurier, Yaya Toure, Gonzaroua Die, Bailly, Kanon.

Ghana: Brimah, Afful, Rahman, Mensah, Boye, Wakaso, Acquah, Ayew, Atsu, Gyan, Appiah.

Sepakbola.cc