Bek Atletico Madrid Ingin Tinggalkan Spanyol demi Perancis

Lucas Hernandez, pemain Atletico Madrid.
Lucas Hernandez, pemain Atletico Madrid.

Bek Atletico Madrid Lucas Hernandez belum mengambil keputusan akan membela tim nasional mana, tapi memberi petunjuk akan memilih Prancis.

Pesepak bola berusia 21 tahun itu lahir di Perancis tapi besar di Spanyol karena ayahnya, Jean-Francois Hernandez, mengakhiri karir sepak bolanya di tiga klub Semenanjung Iberia tersebut, yaitu SD Compostela, Atletico Madrid dan Rayo Vallecano.

Hingga saat ini ia sudah bermain di semua kategori junior tapi belum mengecap satu pun laga di timnas senior sehingga menjadi perebutan dua negara tetangga itu.

Tahun lalu ia sempat berjanji akan membela La Roja andaikata Prancis tidak membutuhkan tenaganya di timnas.

“Saya akan melakukan segala cara agar bisa terus mengenakan jersey biru [timnas],” ujar Hernandez pada L’Equipe, April 2016. “Saya hanya akan membela Spanyol andaikata Prancis tidak memanggil saya.”

Advertisement

Akan tetapi dengan gelaran Piala Dunia 2016 Rusia tinggal menghitung hari, Lucas Hernandez dihadapkan dengan dua pilihan.

Disinggung perihal timnas mana yang akan dibela, ia mengaku sudah berbicang dengan pelatih Les Bleus, Didier Deschamps.

“Saya orang Perancis. Saya memiliki paspor Perancis,” ujar kakak Theo Hernandez ini pada AS. “Kami masih melihat semua kemungkinan dan semuanya ada di tangan pengacara. Saya harus tenang. Saya sudah berbicara dengan Deschamps dan ia tahu keputusan saya.”

Situasi serupa pernah terjadi juga pada pemain Athletic Bilbao, Aymeric Laporte yang harus memilih salah satu, membela Prancis dan Spanyol di level senior.

Agustus tahun lalu Julen Loptegui sempat memulai proses agar Laporte bisa membela La Roja namun ia juga dipanggil Deschamps untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Bulgaria dan Belanda.

Walau tidak bermain di dua pertandingan tersebut, peluang Spanyol tertutup setelah ia menegaskan akan terus membela Prancis.