Pria Pekerja Lembur Waspada dengan Penyakit Berikut Ini!

10

Kerja lembur merupakan hal yang biasa dan wajar bagi para pekerja. Namun sebaiknya perhatikan juga efeknya pada kesehatan. Kebanyakan, orang yang suka lembur kurang begitu memperdulikan kesehatan diri mereka. Banyak juga yang mengonsumsi pendongkrak energi seperti kopi atau minuman energi. Padahal kebiasaan tersebut tentunya tidak baik untuk kesehatan. Berikut ini ada delapan masalah kesehatan yang di alami […]

Berita  - Pria Pekerja Lembur Waspada dengan Penyakit Berikut Ini!Kerja lembur merupakan hal yang biasa dan wajar bagi para pekerja. Namun sebaiknya perhatikan juga efeknya pada kesehatan. Kebanyakan, orang yang suka lembur kurang begitu memperdulikan kesehatan diri mereka.

Banyak juga yang mengonsumsi pendongkrak energi seperti kopi atau minuman energi. Padahal kebiasaan tersebut tentunya tidak baik untuk kesehatan.

Berikut ini ada delapan masalah kesehatan yang di alami oleh kebanyakan pekerja lembur, seperti dilansir oleh Boldsky.

1. Insomnia

Pria yang sering kerja lembur juga cenderung kurang tidur. Jika ini dibiasakan, pria akan mudah terserang insomnia atau penyakit lain yang bisa mengganggu jam tidur mereka. Jam tidur yang tak teratur pada akhirnya akan berujung pada berbagai masalah kesehatan lainnya.

2. Kecanduan

Agar tetap bertenaga saat lembur, biasanya pria membutuhkan ‘dopping‘ seperti kopi atau rokok. Hal ini jika berlangsung dalam waktu yang lama bisa menyebabkan pria berkemungkinan untuk kecanduan pada hal tersebut. Pria yang sudah kecanduan pada kafein atau nikotin pada kopi dan rokok tentunya akan lebih mudah mengalami cemas atau gejala buruk lain ketika mereka tidak mengonsumsi dua hal itu.

3. Lambung Bermasalah

Bekerja lembur biasanya akan menyebabkan pola makan seseorang berantakan. Hal ini kemudian bisa memicu berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan lambung dan pencernaan seperti perut kembung, mual, diare, konstipasi, dan mulas. Selain itu, kecenderungan kurang minum air ketika bekerja lembur juga bisa menyebabkan masalah lain pada pencernaan.

4. Gangguan Pada Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan kaitan antara bekerja lembur dalam jangka waktu lama dengan serangan jantung dan penyakit jantung. Pria yang sering kerja lembur atau bekerja shift malam memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena serangan jantung dan penyakit jantung.

5. Obesitas

Penelitian menunjukkan bahwa pria yang sering bekerja lembur dan bekerja pada shift malam lebih berkemungkinan terkena obesitas karena kualitas makan yang buruk dan kurang olahraga. Bekerja lembur dan larut malam juga mempengaruhi tingkat leptin, yaitu hormon yang berfungsi sebagai pengontrol nafsu makan.

6. Diabetes

Diabetes adalah penyakit lain yang rentan menyerang pria yang sering kerja lembur. Hal ini berkaitan dengan pola makan dan jam makan yang tak teratur selama bekerja. Pada akhirnya kebiasaan tersebut akan membuat gula darah melonjak yang berujung pada penyakit seperti diabetes, obesitas, atau kolesterol.

7. Masalah Kesuburan

Sering kerja lembur dan bekerja shift malam bisa menyebabkan masalah kesuburan seperti membuat pria tidak subur, mengalami disfungsi ereksi, atau gairah seks yang rendah.

8. Depresi

Beberapa penelitian mengungkap bahwa pria yang sering lembur dan kerja larut malam lebih berkemungkinan terkena depresi dan masalah mental lain seperti rasa cemas yang berlebihan. Bekerja lembur juga menurunkan tingkat hormon serotonin yang berfungsi untuk mengontrol mood seseorang.